Menginspirasi di Bidang Lingkungan, Bahtiar Terima Penghargaan dari TEMPO

  • Bagikan

JAKARTA, RADAR SULBAR –Tempo memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh-tokoh yang telah berkontribusi pada pembangunan di daerah maupun tingkat nasional seperti Pj Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin.

Para tokoh ini mengukir prestasi melalui karya nyata untuk masyarakat. Setidaknya TEMPO mencatat ada beberapa kepala daerah seperti Pj Bahtiar Baharuddin yang layak dijadikan sebagai inspiratif melalui kontribusinya dalam memimpin daerah di bidang pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

Direktur Utama PT.Tempo Intimedia Arif Zulkifli mengatakan pemberian penghargaan kepada kepala daerah yang berkontri nyata kepada masyarakat telah diberikan setiap tahun sejak beberapa tahun lalu. Dia menyatakan banyak tokoh dari daerah yang kemudian menjelma tokoh nasional lahir dari jejak rekam pemberian penghargaan dari Tempo seperti yang diserahkan pada malam ini. Sambil mencontohkan, Presiden Joko Widodo Menteri Sosial Tri Rismaharini saat walikota Surabaya, Menpan RB Abdullah Azwar Anas ketika Bupati Banguwangi serta sederet tokoh nasional lainnya. “Sampai ketemu tahun depan atau lima tahun depan.Insya Allah akan ada diantara tokoh ini yang kelak minimal menjadi menteri” ucap Arif Zulkifli. Pemberian apresiasi dari Tempo kepada kepala daerah sudah dilakukan 10 tahun terakhir.

Tempo lanjut Arif melibatkan penjurian yang sangat ketat dengan cara melakukan dan melihat jutaan data yang bersumber dari berbagai media, baik media lokal dan nasional, untuk memastikan setiap keputusan didasarkan pada kriteria yang objektif dan jelas. Selain itu penjurian juga mempertimbangkan faktor keberlanjutan dari para tokoh ini sejauh mana dapat menginspirasi bagi generasi mendatang.

Adalah Pj Bahtiar Baharuddin mendapat penghargaan sebagai Tokoh Pelestarian Lingkungan dan Mitigasi Bencana yang dianggap tim juri Tempo dapat memberikan inspirasi bagi dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Utama Tempo Inti Media Arif Zulkifli dan Plt Sekjen Kemendagri Komjen. Pol. Tomsi Tohir Balaw, dalam acara Apresiasi Tokoh Indonesia 2024 di Ruang Flores, Hotel Borobudur, Jakarta pada hari Selasa, 10 September 2024.

Arif Zulkifli menambahkan, pemberian apresiasi ini didasarkan atas peran kepala daerah sebagai garda terdepan berhadapan dengan problem-problem di daerah.

“Selain kami memberi kritik, kami juga memberi apresiasi,” ucap Arif.

Sementara itu Plt Sekjen Kemendagri Komjen. Pol. Tomsi Tohir Balaw mengapresiasi langkah yang dilakukan Tempo Media Group, menurutnya pemberian apresiasi ini diharapkan menjadi sarana sharing dan knowledge terkait pelaksanaan tugas di bidang masing masing.

“Ini memberi pengakuan terhadap individu yang berkontribusi secara nyata dalam membangun bagsa dan menjadi motivasi generasi muda untuk kembangkan diri. Bagi mereka yang mendapatkan penghargaan bisa memberikan legasi kepada penerusnya, lebih rinci-lebih mendalam sehingga hal hal yang sudah baik tidak hilang begitu saja dengan adanya pergantian pejabat nanti,” ungkapnya.

Bagi Bahtiar Baharuddin, kepedulian nya pada lingkungan bukanlah hal yang baru. Sejak Pj Gubernur Kepri, Pj Gubernur Sulsel, Dirjen Kemendagri tersebut aktiv menggenjot penanaman pohon sebagai program utamanya. Hal tersebut dilanjutkan ketika pertamakali menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat.

“Saat saya baru tiba di Sulbar itu langsung diperhadapkan sejumlah titik longsor, terjadi di Mamasa. Oleh karenanya bagaimana kita melestarikan lingkungan dengan cara menanam,” tandas Bahtiar.

Sementara pada saat Pj Gubernur Sulsel, Menteri Sosial Tri Rismahani mengapresiasi kinerja Bahtiar dalam menangani bencana di Sulawesi Selatan saat bencana banjir dan tanah longsor. (jaf)

  • Bagikan