IDI Sulbar 2024 Naik 0,5 Persen

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Sulbar mengalami kenaikan pada tahun 2024 sekitar 0,5 persen dari tahun sebelumnya diangka 74 persen.

Hal ini terungkap saat BPS Sulbar melaksanakan dialog bersama Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin, dihadiri Kepala BI Sulbar Gunawan Purbowo dan Jajaran BPS Sulbar.


Dirangkaikan, juga aksi penanaman pohon sukun di lingkungan kantor BPS sebagai bentuk dukungan kepada Pemprov dalam melestarikan lingkungan.


“Ada beberapa agenda kegiatan diikuti di BPS, dimana akan merayakan hari statistik pada tanggal 26 September 2024, makanya dilaksanakan menanam pohon sukun dan dialog,” kata Bahtiar.

Selanjutnya, terkait IDI Sulbar tahun 2024 yang mengalami kemajuan, namun beberapa penyampaian yang menjadi perhatian kedepan.
“Tadi ada beberapa resep disampaikan BPS untuk meningkatkan IDI kita. Soal lembaga partai politik hingga kebebasan berpendapat tentunya akan menjadi perhatian Pemprov,” ungkapnya.


Sedangkan, Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri menyampaikan ini salah satu kegiatan rangkaian dalam peringatan statistik. Mulai penanaman bersama dan dialog.


“Salah satu tugas kita mengadvokasi statistik, dimana bisa bermakna dan bisa berdampak pembangunan daerah. Makanya kita ambil topik IDI Sulbar,” ucapnya.


Mengingat, tahun ini akan dilaksanakan pencermatan dokumen-dokumen terkait demokrasi.


“Tentu ini perlu kerjasama semua pihak untuk meningkatkan IDI Sulbar. Tadi sudah dikomunikasikan sama Pj Gubernur dan akan diarahkan langsung sama instansi terkait,” tandasnya.(jaf)

  • Bagikan