Tekan Angka Pengangguran, BESTI Berdayakan Usaha Lokal Ciptakan Lapangan Kerja

  • Bagikan
Cabup Polewali Mandar, Andi Bebas Manggazali

POLMAN, RADAR SULBAR – Pasangan cabup Polewali Mandar, Andi Bebas Manggazali-Siti Rahmawati bakal memberdayakan usaha lokal dalam menciptakan lapangan kerja. Pasangan berjuluk BESTI berharap, cara itu mampu menekan angka pengangguran yang ada di Bumi Tipalayo ini.

Bebas Manggazali selaku bakal calon bupati Polman Periode 2024-2029 pun menunjukkan keseriusannya untuk meweujudkan rencana tersebut. Pada Selasa, 3 September 2024, dia mengunjungi petani sawit di Desa Parappe, Kecamatan Campalagian.

“Hari ini, saya bertemu dengan pengusaha sawit. Yang mana, mereka sangat antusias dan bersemangat memberikan keterangan,” ungkapnya.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten siap menjalin kolaborasi dengan para pengusaha dan petani sawit. Terutama dalam menyusun strategi untuk menciptakan lapangan kerja yang muaranya adalah pengurangan jumlah pengangguran.

“Mereka (pengusaha-petani sawit) sudah merekrut banyak tenaga kerja. Yang mana, pengangguran di Kabupaten Polewali Mandar ada 10 ribu. Jadi, kehadiran mereka bisa menekan pengangguran,” tutur Bebas.

Bebas Manggazali pun menyadari, peran pemerintah sangat vital bagi ekosistem dunia usaha. Terutama, dalam menghadirkan infrastruktur yang memadai.

“Jadi, tinggal bagaimana pemerintah memberikan dukungan. Terutama akses jalan untuk ke depannya,” pungkas Bebas.

Sebelumnya, Bebas Manggazali melakukan kunjungan ke PT Kencana Hijau Bina Lestari (KHBL) di Kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang, Polman, Selasa 13 Agustus 2024 lalu.

Dalam kunjungannya, dia menekankan bahwa setiap perusahaan yang beroperasi di daerah Polman wajib memprioritaskan tenaga kerja lokal. Dia menyebut, selain menjadi kewajiban juga untuk menekan angka pengangguran di daerah tersebut.

“Tadi kami sempat merasa kaget ternyata luar biasa persiapan perusahaan ini. Ke depan kita harapkan perusahaan ini setelah beroperasi dapat merekrut tenaga lokal lebih banyak agar,” kata Bebas saat ditemui di lokasi.

Di hadapan Sukir Lapatau, selaku Wakil Manajer perusahaan tersebut, Bebas berharap perusahaan selain mengejar laba juga ikut menggenjot peningkatan ekonomi masyarakat.

Ke depannya, Bebas pemerintah harus hadir untuk memberikan dukungan. Oleh karena itu ia berjanji ketika diberikan amanah memimpin Polman, maka akan fokus pada persoalan itu.

Tidak hanya berdampak pada peningkatan PAD saja tetapi dapat menekan angka pengangguran di Polewali Mandar yang mencapai 9 ribu lebih. “Di Polman ini luar biasa potensi kelapa dan itu banyak dikirim ke daerah lain dalam bentuk bahan mentah tanpa diolah,” ucapnya. (*)

Tim Media BESTI

  • Bagikan

Exit mobile version