Revitalisasi Sanitasi Sekolah, DPP Nasdem Sasar Enam Sekolah di Polman

  • Bagikan
FOTO : Anggota DPR RI Ratih Megasari Singkarru dan anggota DPRD Polman Imam Singkarru. --ist--

POLEWALI RADAR SULBAR — Enam sekolah di Kabupaten Polewali Mandar akan menjadi sasaran program revitalisasi sanitasi sekolah sehat. Program revitalisasi sanitasi sekolah sehat ini merupakan program Partai Nasdem untuk pemenuhan sarana sanitasi sekolah yang memadai. Ini bagian dari upaya mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berdaya saing.

Anggota Komisi X DPR RI, Ratih Megasari Singkarru mengatakan demi meningkatkan perhatian pada kualitas sanitasi sekolah yang menjadi elemen dasar dalam rangkaian upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, DPP Partai NasDem meluncurkan Program Sanitasi Sekolah Sehat.

“Sanitasi sekolah yang memadai penting direalisasikan demi mewujudkan lingkungan belajar yang bersih dan menumbuhkan disiplin hidup sehat bagi generasi penerus bangsa,” kata Ratih Megasari Singkarru saat ditemui di sela acara Workshop Kurikulum Merdeka di Hotel Ratih Polewali, Minggu 1 September.

Ia mengaku setiap anggota Fraksi Nasdem baik tingkat DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten untuk melakukan asesmen di sekolah yang ada di daerah pemilihannya. Langkah awal melakukan sampling untuk melihat kualitas sanitasi sekolah. Karena banyak sekolah saat ini tak memiliki sanitasi yang memadai.

“Kondisi WC di sekolah banyak yang kurang layak. Baik kondisi bangunannya maupun ketersediaan air yang tidak ada. Sementara pemenuhan sanitasi merupakan hak dasar semua orang termasuk para siswa. Inilah menjadi perhatian kami di Fraksi Nasdem memperjuangkan pemenuhan sanitasi sehat di setiap sekolah,” terang Ratih.

Menurut anggota Komisi X DPR RI ini, sanitasi sekolah ini sangat berkaitan dengan kesehatan anak. Termasuk ada kaitannya dengan stanting dan penyakit lain yang berkaitan dengan kuaitas air sangat berhubungan erat dengan anak.

“Tentunya untuk mewujudkan pembelajaran yang aman dan nyaman kita harus berikan fasilitas terbaik bagi siswa. Kita ingin memulai dari sanitasi sekolah sehat, program ini sudah berjalan selama dua bulan di seluruh Indonesia bukan hanya di Polman atau pun Sulbar,” tambahnya.

Jadi nanti ada sekolah binaan yang akan dibina oleh Fraksi Nasdem yang akan dikawali bagaimana agar sekolah tersebut memiliki fasilitas sanitasi yang aman dan nyaman bagi siswa. Ratih menambahkan membangun budaya bersih melalui pemenuhan sanitasi sekolah yang memadai juga merupakan bagian dari upaya meletakkan dasar untuk mewujudkan kesehatan jasmani dan rohani setiap anak bangsa.

Sementara legislator Nasdem Polman, Imam Singkarru mengatakan sudah ada enam sekolah yang akan menjadi sasaran program sanitasi sekolah sehat ini. Keenam sekolah ini tersebar di beberapa tempat. Yakni SDN 062 Inpres Palembongan Luyo, MI Al Risalah Desa Batetangnga, SMPN 4 Wonomulyo, MTs As’adiyah Banua Baru Wonomulyo, SMAN 1 Wonomulyo dan Madrasyah Aliah Tinambung.

“Tugas setiap legislator Nasdem di dapil masing masing melakukan monitoring semua sekolah yang telah diusulkan untuk diinterensi. Kegiatan ini bentuk kepedulian Partai Nasdem terhadap kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah atau pondok pesantren,” kata Imam Singkarru yang juga Sekertaris Nasdem Polman ini.

Program ini merupakan tahap pertama, nantinya menyasar ke sektor lain seperti sanitasi masjid dan fasilitas umum lainnya. (mkb)

  • Bagikan