Pastikan Layanan Optimal, BPJS Kesehatan Sapa Peserta JKN di Rumah Sakit Mutiara Ibu

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin didampingi Petugas BPJS Satu berkesempatan mengunjungi dan membagikan bingkisan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RS Mutiara Ibu, (19/07).

Menurut Umrah, kunjungan tersebut dikemas dalam kegiatan Sapa Peserta yang dilakukan dalam rangka peningkatan semangat kolaborasi serta mutu layanan dan sejalan dengan rangkaian peringatan HUT ke-56 BPJS Kesehatan. Sepuluh tahun program ini berjalan, ia mengungkapkan akan mengedepankan layanan yang mudah, cepat dan setara.

“Untuk memperingatinya kami menyapa langsung peserta JKN yang sedang memanfaatkan layanan di rumah sakit. Kami ingin memastikan sepuluh tahun program ini berjalan, pesertanya sudah mendapatkan layanan yang baik,” katanya.

Umrah juga menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan Sapa Peserta JKN adalah dalam rangka meningkatkan engagement dengan peserta JKN, untuk membangun hubungan dengan fasilitas kesehatan, serta untuk memperkuat kolaborasi bersama faskes mitra BPJS Kesehatan.

“Kegiatan Sapa Peserta JKN bertujuan untuk meningkatkan engagement peserta terhadap Program JKN, membangun dan memperkuat kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Sapa Peserta JKN, selain bertanya langsung mengenai pelayanan kesehatan yang telah diterima oleh peserta JKN, Umrah juga memberikan edukasi terkait Program JKN. Karena saat ini sudah tersedia Aplikasi Mobile JKN yang memiliki banyak fitur untuk memperoleh informasi baik itu tentang keaktifan kepesertaan JKN, jumlah iuran, dan peserta bisa memanfaatkan fitur antrean online saat akan berobat ke fasilitas kesehatan agar tidak lama menunggu.

“Peserta yang tadi kami sapa telah menyampaikan terkait dengan pengalamannya menggunakan Program JKN dan bagaimana peserta tersebut merasakan layanan yang telah ia dapatkan. Alhamdulillah dari beberapa peserta telah merasakan manfaat baik dari Program JKN,” ucap Umrah.

Umrah menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap Program JKN. Dengan dukungan dari berbagai pihak, baik dari fasilitas kesehatan dan para peserta JKN, Umrah berharap Program JKN akan semakin sustain kedepannya.

“Semoga Program JKN terus dapat berjalan dan mengangkat derajat kesehatan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Mamuju dan sekitarnya,” ujar Umrah.

Hilma Sakti, salah satu peserta JKN yang ditemui oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, menyampaikan pelayanan yang didapatkan di Rumah Sakit Mutiara Ibu menurutnya sangat baik. Ia menuturkan selama dua hari dirawat, dirinya dilayani dengan baik oleh petugas di rumah sakit.

“Sejak dua hari yang lalu saya rawat inap, dokter selalu datang kunjungan, perawat dan bidannya juga ramah-ramah,” ucap Hilma.

Ia juga bersyukur telah menjadi peserta JKN, karena dengan menjadi peserta, dirinya mendapatkan layanan kesehatan tanpa adanya biaya sepeserpun.

“Alhamdulillah dengan menggunakan BPJS Kesehatan, saya bisa melakukan pengobatan gratis tanpa bayar-bayar lagi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur RSIA Mutiara Ibu, Arsyi Adliah Anwar menuturkan pihaknya selalu siap berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan, karena sudah menjadi komitmen olehnya untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta JKN yang berobat.

“Setiap kedatangan dari BPJS Kesehatan, kami selalu menyambut positif. Karena hal tersebut dapat menjadi feedback positif, sekaligus quality control bagi rumah sakit untuk memberikan layanan maksimal kepada peserta JKN,” ucapnya.

Rumah Sakit Mutiara Ibu, menurut Arsyi juga telah berkomitmen dalam memberikan layanan tanpa memberikan biaya tambahan kepada peserta JKN yang melakukan pelayanan di rumah sakit.

“Rumah Sakit Mutiara Ibu berkomitmen untuk selalu membantu BPJS Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan tanpa memberikan biaya tambahan kepada peserta JKN yang dirawat,” pungkasnya. (PN/af)

  • Bagikan