BPJS Keliling dan Mahasiswa KKN UGM Hadir Sambangi Masyarakat di Pulau Karampuang

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – BPJS Keliling hadir menyambangi Pulau Karampuang bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada, (24/07).

Kepala Desa Karampuang, Achmad Ali menyampaikan apresiasi dan mengungkapkan pentingnya sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan untuk masyarakat di Desa Karampuang. Ia menuturkan banyak masyarakat yang terbantu apabila mengalami gangguan kesehatan dengan adanya Program JKN.

“Karena masyarakat desa selalu membutuhkan BPJS Kesehatan untuk meringankan beban perekonomian apabila mengalami gangguan kesehatan,” ungkapnya.

Achmad juga menyampaikan kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan BPJS Keliling agar memperhatikan dan mendengarkan dengan seksama informasi yang disampaikan oleh Pegawai BPJS Kesehatan yang hadir di Desa Karampuang.

“Agar masyarakat yang datang bisa lebih tahu terkait BPJS Kesehatan secara mendalam dengan penjelasan langsung dari Pegawai BPJS Kesehatan melalui kegiatan BPJS Keliling ini,” katanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, St. Umrah Nurdin mengungkapkan BPJS Keliling memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau dalam memperoleh layanan administrasi kepesertaan, seperti pendaftaran, ubah data, pengecekan status aktif peserta, konsultasi dan informasi, serta berbagai layanan yang terkait kepesertaan Program JKN.

“BPJS Keliling dilakukan dalam rangka mempermudah akses bagi masyarakat yang ada di Pulau Karampuang, selain untuk mendapatkan layanan administrasi, masyarakat juga diberikan edukasi terkait dengan layanan dalam Program JKN,” ucap Umrah.

Layanan BPJS Keliling ini, menurut Umrah turut memberikan edukasi mengenai manfaat dari Aplikasi Mobile JKN kepada para masyarakat yang berkunjung. Diharapkan hadirnya Aplikasi Mobile JKN semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses pelayanan dari manapun hanya dengan menggunakan smartphone.

“Tidak lupa juga kami mengenalkan kepada para masyarakat layanan tanpa tatap muka lainnya seperti BPJS Kesehatan Care Center 165, dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) 0811 8 165 165,’’ ujar Umrah.

Hadirnya BPJS Keliling disambut baik masyarakat Pulau Karampuang bersama mahasiswa KKN yang telah mengundang sebagai narasumber. Pasalnya, Menurut Umrah BPJS Keliling dinilai menjadi solusi bagi masyarakat yang kesulitan menjangkau layanan di kantor BPJS Kesehatan.

“Karena apabila harus ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat di Pulau Karampuang harus melakukan penyeberangan dengan menggunakan kapal/perahu terlebih dahulu. Jadi dengan adanya BPJS Keliling, jarak tempuhnya pun mudah untuk dijangkau masyarakat,” sambung Umrah.

Sadri, salah satu Warga Karampuang yang hadir dalam kegiatan menyampaikan kemudahan layanan BPJS Kesehatan telah ia rasakan bersama masyarakat yang lain di Pulau Karampuang. Walaupun untuk mencapai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftarnya harus menyeberang terlebih dahulu ke pulau seberang, tapi menurutnya apabila menggunakan layanan Program JKN, tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk berobat.

“Selain memudahkan, layanan BPJS Kesehatan juga tanpa mengeluarkan biaya lagi apabila ingin melakukan layanan kesehatan,” ujarnya.

Sadri juga menambahkan pada saat berobat ke Puskesmas Binanga dengan menyeberang terlebih dahulu, dirinya mengaku telah terbantu dengan adanya layanan antrean online yang ada di Aplikasi Mobile JKN.

“Jadi kalau saya mau berobat, gunakan layanan antrean online dari Aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu. Jadi bisa diperkirakan jam kedatangan saat hadir di puskesmas dari aplikasi ini,” lanjut Sadri.

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas inovasi layanan yang banyak dihadirkan dalam memudahkan peserta JKN untuk melakukan layanan kesehatan. Karena dengan beragam inovasi tersebut, ia juga merasakan manfaat dan dampaknya.

“Terima kasih BPJS Kesehatan atas beragam inovasinya yang memudahkan kami dalam mengakses layanan kesehatan,” pungkasnya. (PN/af)

  • Bagikan