KPU Polman Tetapkan Kelengkapan Administrasi Empat Paslon Lengkap

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar mengumumkan sebanyak empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang resmi mendaftar untuk mengikuti Pilkada Polman 2024.

Pendaftaran Pilkada Polman berakhir setelah ditutup tepat pukul 24.00 Wita, Kamis malam 29 Agustus setelah dibuka selama tiga hari mulai Selasa 27 Agustus. Setelah melakukan verifikasi kelengkapan berkas administarasi pasangan calon yang mendaftar. KPU Polman menyatakan kelengkapan administrasi keempat Paslon yang mendaftar ke KPU Polman dinyatakan lengkap.

“Selama proses pendaftara selama tiga hari mulai Selasa 27 Agustus hingga Kamis 29 Agustus pukul 23.59 Wita. Kami menerima pendaftaran empat pasangan calon bupati dan wakil bupati Polman. Setalah dilakukan pemerikaan kelengkapan administrasi para Paslon semuanya dinyatakan lengkap dan berhak mengikuti proses selanjutnya,” terang Ketua KPU Polman Nurjannah Waris saat mengadakan konfrensi pers usai penutupan pendaftaran, Jumat dini hari 30 Agustus.

Menurut Nurjannah Waris, hasil verifikasi dan kelengkapan administrasi hasil pemeriksaannya empat pendaftar lengkap sehingga KPU Polman menetapkan status pendaftarnya diterima.

Nurjannah merinci pada hari pertama pendaftaran Selasa 27 Agustus tidak ada pasangan calon mendaftar. Kemudian hari kedua Rabu 28 Agustus ada satu pendaftar pasangan calon bupati dan wakil bupati Polman yakni Dirga Adhi Putra Singkarru dan Iskandar Muda Baharuddin Lopa. Pasangan Dirga-Iskandar mendaftar ke KPU Polman, Rabu pukul 15.15 Wita diusung lima gabungan Parpol yakni PSI, PKN, Nasdem, Demokrat dan PKS dengan status pendaftaran diterima.

Kemudian hari ketiga, Kamis 29 Agustus ada tiga paslon mendaftar. Pertama pada pukul 10.25 Wita pasangan Samsul Mahmud dengan Andi Nursami Masdar yang diusung oleh Partai Golkar, Perindo dan PBB dengan status pendaftaran diterima. Kemudian pukul 14.25 Wita pasangan Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati melakukan pendaftaran ke KPU Polman yang diusung lima gabungan parpol yakni PAN, PDIP, PPP, Gerindra dan Hanura. Status pendaftarannya juga dinyatakan diterima.

Selanjutnya pukul 16.37 Wita pasangan Muhammad Syibli Sahabuddin dengan Zainal Abidin mendaftar ke KPU Polman yang diusung dua Parpol yakni PKB dan Partai Gelora. Status pendaftarannya juga diterima.

“Sehingga kami melakukan penutupan pendaftaran maka ada empat pasangan calon yang akan mengikuti Pilkada Polman. Setelah melakukan verifikasi berkas persyaratan pencalonan yang diserahkan para kandidat maka semua berkas dinyatakan memenuhi syarat pencalonan,” terang Nurjannah Waris.

Keempat pasangan calon yang sudah mendaftar telah memenuhi persyaratan pencalonan sesuai hasil verifikasi KPU Polman. Setelah ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar mulai Jumat 30 Agustus hingga Sabtu 31 Agustus. (mkb)

  • Bagikan