Jadikan Sukun Sumber Gizi Alternatif Bagi Masyarakat

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Sukun sangat cocok menjadi sumber gizi alternatif bagi seluruh masyarakat Sulawesi Barat, sehingga Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin terus berupaya menggalakkan program penanaman pohon Sukun di enam kabupaten.

“Nah, hari ini seperti gerakan kita selama ini adalah gerakan menanam Sukun. Kita hendak menjadikan Sukun sebagai sumber gizi alternatif masyarakat atau memperkuat kedaulatan pangan kita,” kata Bahtiar Baharuddin usai melakukan penanaman pohon sukun di Mata Uwai, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat, 23 Agustus 2024.

Kata dia, masyarakat perlu mengurangi ketergantungan terhadap beras dan mencari sumber makanan yang memiliki karbohidrat tinggi, seperti Sukun. Apalagi Sukun dapat memperkuat ketahanan pangan serta berfungsi untuk menghindarkan masyarakat dari bahaya bencana longsor. Untuk itu, Bahtiar akan mengalokasikan anggaran pengadaan bibit Sukun pada 2025 mendatang.

“Sukun ini tumbuh di wilayah Sulbar, tinggal jumlahnya kita tambahkan. Tahun depan, kami ikhtiarkan akan membagikan 1 juta pohon Sukun untuk kita tanam di seluruh wilayah Sulbar karena pohon Sukun ini akarnya sangat kuat, juga bisa mengatasi longsor yang kita tau bahwa daerah Sulbar ini lebih banyak bukit, gunung dan rawan longsor,” tutur Bahtiar. (jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version