SPBN di PPN Palipi Majene Segera Difungsikan

  • Bagikan
Kepala Dinas Kelautan Suyutu saat meninjau lokasi pembangunan SPBN di PPN Palipi Majene, Rabu 21 Agustus 2024.

MAJENE, RADAR SULBAR –Pemprov Sulbar berangsur melengkapi fasilitas di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palipi Kabupaten Maneje. Salah satunya yang didorong adalah percepatan pelayanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Ini untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Hal ini disampaikan PJ Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin saat berkunjung di PPN Palipi, Kecamatan Sendana Kabupaten Majene, Rabu 21 Agustus 2024

“Bagaimana agar kawasan ini berfungsi optimum,” kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Kemendagri ini.

Selain SPBN, juga penting mengoptimalkan fungsi pabrik es. Termasuk penyediaan rumah susun. Termasuk juga percepatan breakwater yang saat ini tahap pembangunan melalui APBN. Menurutnya penahan ombak untuk PPN Palipi masih memerlukan tambahan hingga 100 meter agar masyarakat lebih nyaman dan aman untuk parkir kapal.

“Kalau semuanya sudah berfungsi ke depan sebaiknya ditingkatkan menjadi BLUD, dengan BLUD manajemen bisnis berjalan. Jadi kita kelola secara bisnis agar dapat berkembang. Dan ini juga bisa menjadi model bagaimana agar UPTD perikanan dapat berkembang, tidak lagi dikelola berbasis APBD yang sifatnya stimulan,” ucap Bahtiar. (jaf)

  • Bagikan