Sedih Bercampur Bahagia, Warga Riso Lepas Kepergian Satgas TMMD ke-121 Kodim 1402

  • Bagikan
SERAH TERIMA. Satgas TMMD ke-121 Kodim 1402 Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan menyerahkan berita acara hasil pekerjaan TMMD kepada Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Polman Sukirman Saleh disaksikan Kasrem 142 Tataq, Kolonel Arh Dedik Ermanto saat penutupan TMMD di Lapangan Sepak Bola Desa Riso, Kecamatan Tapango, Kamis 22 Agustus 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — Dengan suasana hati yang gembira dan bercampur kesedihan, warga Desa Riso Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar begitu antusias melepas kepergian anggota TNI kembali ke kesatuan masing-masing pasca berakhirnya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1402 Polman, Kamis 22 Agustus 2024.

Warga mengaku ada pertemuan pasti ada perpisahan, seperti halnya yang dialami personil Satgas TMMD Ke-121 Kodim 1402 Polman kebersamaan bersama warga Desa Riso selama sebulan bersama-sama dalam pekerjaan fisik dan non fisik pada program TMMD Ke-121.

Warga antusias menghadiri upacara penutupan TMMD Ke-121 di Lapangan Sepak Bola Desa Riso, Kamis 22 Agustus. Bahkan acara penutupan ini lebih meriah disaat pembukaan. Karena warga ada rasa haru dan bangga yang dirasakannya karena sebentar lagi usai penutupan melepas Kepergian anggota Satgas TMMD ke kesatuan masing-masing.

Salah satu warga Desa Riso Fendri menyampaikan bahwa dirinya sangat berteri makasih kepada Satgas TMMD yang sudah membangun tanggul bronjong, normalisasi sungai dan pengerasan jalan di wilayahnya karena sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Sementara itu, TMMD Ke-121 Kodim 1402 Polman tahun 2024 di Desa Riso Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar, resmi ditutup, Kamis kemarin. Seluruh sasaran fisik, Sasaran non fisik maupun sasaran tambahan selesai 100 persen.

Upacara penutupan TMMD dipimpin Kepala Staf Korem 142 Tatag, Kolonel Arh Dedik Ermanto di Lapangan Sepak Bola Desa Riso, Kecamatan Tapango, Kamis 22 Agustus.
Upacara penutupan yang diikuti ratusan personel yang tergabung dalam Satgas TMMD terdiri dari matra TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri.

Kasrem membacakan amanat Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, mengatakan pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI
pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta dan membantu tugas Pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

Berkenaan dengan itu, TNI bersama Pemerintah Daerah dan Polri serta
berbagai komponen masyarakat, bahu membahu menyelesaikan sasaran TMMD
Ke-121 baik fisik maupun non fisik, hal tersebut sejalan dengan tema TMMD yaitu
Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah.

Pangdam berharap upaya yang telah dilaksanakan ini dapat menjadi pemicu untuk mendorong semangat masyarakat untuk maju dan berkembang dari segi ekonomi. Kemudian jeli dan waspada terhadap bahaya-bahaya yang berdampak negatif bagi lingkungan, serta membentuk kehidupan yang guyub dan rukun di tengah perkembangan dunia yang semakin modern.

Hal inilah yang kita harapkan pada akhirnya akan menguatkan imunitas bangsa serta membentuk karakter generasi muda kita sebagai generasi milenial yang berdaya saing tinggi.

Dalam amanatnya, Panglima Kodam XIV Hasanuddin juga berharap agar hasil program TMMD Ke-121 ini dipelihara agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat
dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Panglima Kodam XIV Hasanuddin menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para prajurit TNI, Polri, dinas terkait yang tergabung dalam Satgas TMMD.

Sementara Dansatgas TMMD ke-121 Kodim 1402 Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan dalam laporannya menyebut bahwa seluruh sasaran fisik, sasaran non fisik dan juga sasaran tambahan selesai 100 persen.

Letkol Sabar Panjaitan juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota Satgas TMMD dan seluruh masyarakat Desa Riso atas dukungan dan kerjasama yang baik sehingga pelaksanaan TMMD ini berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Polman, Sukirman Saleh yang mewakili Pj Bupati Polman saat penutupan TMMD mengapresiasi Satgas TMMD yang mampu menyelesaikan seluruh sasaran pekerjaan yang telah direncanakan sebelumnya.

Ia mengaku tuntasnya seluruh program kegiatan TMMD ini membuktikan sinergi antara TNI-Polri, pemerintah daerah dan masyarakat betul betul terwujud. Ia berharap sinergitas ini bisa selalu diwujudkan dan dilanjutkan secara terus menerus dalam berbagai hal.

“Sinergi antara Kodim 1402 Polman dengan Pemda dibantu Polri dan masyarakat dapat terus berlangsung dengan baik. Tuntasnya pembangunan tanggul bronjong, normalisasi sungai dan pengerasan jalan adalah bukti bahwa sinergi dapat terwujud dan bisa dilanjutkan secara terus menerus ke depan di Polman,” tandas Sukirman. (mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version