Mengenang Keterlibatan Polri Memperjuangkan Kemerdekaan, Polda Sulbar Gelar Upacara Hari Juang

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Kepolisian Daerah Sulawesi Barat menggelar upacara perdana peringatan Hari Juang Polri tahun 2024, Rabu 21 Agustus 2024.

Tema yang diusung pada kegiatan tersebut adalah “Dengan Semangat hari juang Polri yang Presisi siap mengabdi demi mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar menyampaikan, 21 Agustus sebagai hari juang Polri dilakukan untuk mengenang terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia yang dilakukan oleh Polisi Istimewa di bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas 1, Moehammad Jasin pada 21 Agustus tahun 1945.

“Hari bersejarah bagi Polri ini diputuskan setelah pada 22 januari 2024 dengan keputusan Kapolri Nomor: 95/I/2024 tentang hari juang Polri,” kata Adang.

Momen proklamasi 17 agustus 1945 juga menjadi tonggak dimulainya perjalanan sejarah polisi indonesia yang dapat menentukan arah dan langkahnya bersama bangsa ini. Metamorfosa Polri sejak saat itu hingga saat ini menjadikan Polri dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menetapkan bahwa tanggal 21 agustus diperingati sebagai hari juang Polri.

Di bawah kibaran bendera Merah Putih, terlihat seluruh personel Polda Sulbar dengan semangat Proklamasi Polisi 1945, Polda Sulbar siap menyongsong Indonesia Emas 2045.(*)

  • Bagikan