HUT RI, Pemprov Sulbar Lepas Ribuan Kepiting Sebagai Upaya Merdeka Dari Kemiskinan

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR — Dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 79, Pj Gubernur Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin bersama Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi serta Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar dan Danlanal Mamuju Letkol Laut (P) Dedi Andriyatno menebar bibit kepiting di hutan bakau, Desa Bambu dan Desa Sumare, Kabupaten Mamuju, Jumat 16 Agustus 2024.

Gerakan ini sekaligus menguatkan tema yang digagas pada HUT RI tahun 2024, yakni “Merdeka dari Kemiskinan”.

Bahtiar menjelaskan, Kepiting merupakan komoditi yang cepat berkembang apalagi di area mangrove. Sehingga potensi ini dapat dikembangkan di Sulbar yang memiliki ribuan hektar mangrove sepanjang Paku hingga Suremana.

Sebab itu, Penjabat (PJ) Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda menebar benih bibit kepiting, hal itu sebagai langkah awal dan mengajak masyarakat agar bersama sama mewujudkan Sulbar sebagai daerah penghasil Kepiting

“Kami berikhtiar menjadikan Sulbar sebagai salah satu provinsi penghasil kepiting. Apalagi kita dekat IKN. Komoditi ini juga memiliki peluang ekspor ke beberapa negara. Jadi pasti laku,” kata Bahtiar.

Menebar kepiting ini juga sekaligus mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Minta tolong dijaga karena ini untuk masyarakat disini semua, ini bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat,” kata Bahtiar.

Penebaran bibit kepiting ini sekaligus merayakan kemerdekaan RI. Melalui penebaran kepiting memiliki maksud memerdekakan masyarakat dari ketertinggalan dan kemiskinan. (jaf)

  • Bagikan