Bahtiar Baharuddin Ingin Duta Baca di Setiap Desa di Sulbar Segera Terbentuk

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR – Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin menginginkan terbentuknya Duta Baca di setiap desa dan kelurahan di Sulbar. 

Itu disampaikan pada pembukaan acara talkshow Duta Baca Indonesia Tahun 2024 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Sulbar, Kamis 15 Agustus 2024. 

Tujuan pembentukan Duta Baca di setiap desa untuk melahirkan manusia produktif, atau dengan kata lain mendorong masyarakat lebih produktif dalam mengelola potensi yang dimiliki daerah. 

Bahtiar mengurai beberapa potensi yang dimiliki Sulbar dan tidak dimiliki daerah lain, seperti  udara terbersih, sunset indah dan dapat dinikmati gratis sepanjang 672 Km dari Paku hingga Suremana, Potensi laut yang melimpah dan menjadi tempat memancing gratis, memiliki Ph tanah hingga 7-8.

Menurutnya, dengan potensi Sulbar  masyarakat bisa menghasilkan produksi. Bahkan dengan akses literasi yang didapatkan dapat meningkatkan produksi. Sebab itulah pentingnya penguatan literasi di desa. Khususnya Literasi Sosial Ekonomi. 

“Literasi yang harus diperkuat adalah literasi sosial ekonomi agar manusia dapat memproduksi. Bagaimana masyarakat kita 1,4 juta ini , agar dapat memproduksi. Maka penting literasi,” kata Bahtiar.

Kata Bahtiar dengan meningkatkan produksi masyarakat maka dengan sendirinya beberapa permasalahan teratasi, termasuk kemiskinan dan stunting. 

“Sungguh ironi ketertinggalan, keterbatasan, kemiskinan di tengah kesuburan dan kemegahan alam yang tuhan ciptakan, sehingga diperlukan literasi kepada masyarakat,” ungkapnya. (jaf)

  • Bagikan