Peduli Lingkungan, KKN Unhas Desa Rea Bersih Pantai Hingga Transplantasi Terumbu Karang

  • Bagikan
BERSIH PANTAI. Mahasiswa KKN Tematik 112 Unhas mengadakan aksi bersih pesisir di Pantai Bajoe Desa Rea Kecamatan Binuang, Jumat 9 Agustus 2024. --ist--

POLEWALI RADAR SULBAR — Mahasiswa KKN Tematik gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar di Desa Rea Kecamatan Binuang melakukan aksi peduli lingkungan. KKN Tematik Unhas ini bekerjasama dengan KKN IAIN Parepare, pemerintah desa, Babinsa dan masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Bajoe Desa Rea. Selain mengadakan bersih pantai, KKN Unhas juga mengadakan transplantasi terumbu karang di perairan Binuang. Kegiatan ini digelar selama dua hari Jumat-Sabtu 9-10 Agustus 2024

Dalam aksi bersih pantai, karung sampah berhasil dikumpulkan lewat aksi peduli lingkungan ini kemudian dipilah. Sampah bernilai ekonomis di serahkan ke bank sampah induk DLHK Polman. Sementara sampah residu dibawa ke TPA.

Koordinator Desa KKN Tematik 112 Unhas Desa Rea Kecamatan Binuang, Syarif Hanafi mengatakan aksi bersih pesisir ini pihaknya berkolaborasi dengan KKN IAIN Parepare angkatan 35. Hal ini dilakukan karena respon positif yang dilakukan melihat kondisi lingkungan di pesisir Pantai Bajoe Rea.

“Aksi bersih pesisir ini menjadi salah satu program kerja KKN Unhas yang berposko di Desa Rea. Kami sengaja memprogramkan kegiatan ini karena melihat kondisi di pesisir pantai Bajoe dipenuhi sampah. Sehingga kami mengajak masyarakat untuk melakukan pembersihan. Kegiatan ini juga disuppor bank sampah induk DLHK Polman,” tambah mahasiswa Teknik Pertambangan Unhas ini.

Selain itu, KKN Unhas juga mengadan transplantasi terumbu karang di perairan Binuang. Kegiatan ini bekerjasama dengan Komunitas Laut Biru Polman untuk melakukan transplantasi terumbu karang. Sebelum kegiatan ini diadakan terlebih dahulu sosialisasi terkait pemilahan sampah dan program Melaju oleh Sekretaris DLHK Polman, Bahtiar. Sementara materi transplantasi terumbu karang oleh Ketua Komunitas Laut Biru, Putra Ardiansyah.

Transplantasi karang ini dilakukan, tambah Syarif Hanapi dalam rangka menjaga keberlangsungan ekosistem terumbu karang. Menurutnya setelah melakukan observasi beberapa kawasan bawah laut di perairan Binuang telah rusak sehingga dilakukan transplantasi karang. (mkb/jaf)

  • Bagikan