Besti Peduli: Relawan Bebas Siti Salurkan Bantuan pada Festival Sandeq Teluk Mandar

  • Bagikan

POLMAN, RADAR SULBAR – Event Festival Sandeq Teluk Mandar 2024 akan digelar pada 12 Agustus 2024 mendatang. Ajang balap perahu tradisional Mandar diikuti 24 peserta dari Kabupaten Polewali Mandar dan Majene, Sulbar.

Mendukung kegiatan itu, relawan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Polewali Mandar, Andi Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati berbagi bantuan kepada peserta yang bakal mengikuti lomba, berupa air mineral.

Bantuan diserahkan oleh relawan Setara Malaqbiq yang diketuai langsung Muhammad Nasir kepada peserta. “Kita bagikan sekitar 40 dos air mineral,” kata Muh Nasir.

Nasir mengatakan bantuan yang diserahkan merupakan inisiatif para relawan, dan arahan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati untuk selalu peduli dan berbagi dengan sesama.

“Bantuan ini merupakan bentuk nyata kepedulian calon bupati Polman Pak Bebas Manggazali kepada masyarakat nelayan sesuai program kerja dalam visi-misinya akan meningkatkan keberdayaan. Kemudian kesejahteraan masyarakat nelayan termasuk akan memperhatikan pelaksanaan perlombaan Sandeq Race setiap tahunnya,” sebutnya.

Sementara itu, Burhan Owner Sandeq Cahaya Zikir dan owner Sandeq Berkah dua putra, peserta Sandeq asal Polewali Mandar mengungkapkan terima kasih kepada relawan.

Khususnya kepada pasangan Besti karena peduli terhadap peserta Festival Sandeq. “Semoga dan Insya Allah Pak Bebas jadi Bupati Polman ke depan,” ucapnya.

Festival Sandeq merupakan lomba perahu tradisional. Perahu Sandeq sendiri merupakan perahu kayu bercadik yang berasal dari suku Mandar di Sulawesi Barat. Perahu ini memiliki bentuk ramping dengan dimensi panjang hingga 12 meter, lebar tak lebih dari 1 meter dan kedalaman sekitar kurang 1 meter.

Bagian kepala perahu memiliki bentuk runcing yang menjadi asal mulai nama Sandeq dan memakai layar segi tiga yang melekat pada tiang (pallayarang) berbahan bambu melambangkan keharmonisan hubungan manusia dan sang penciptanya.

Perahu Sandeq ini mengandalkan embusan angin untuk bergerak melaju. perahu tradisional yang tercepat ini, setiap tahunnya di perlombaan di Sulawesi Barat.

Adapun rute Festival Sandeq Teluk Mandar 2024 kali ini adalah lomba segitiga yang dilaksanakan di pantai Labuang Majene. Acara itu berlangsung 12-13 Agustus 2024. (*)

Tim Media Bebas-Siti

  • Bagikan

Exit mobile version