Pj Gubernur Bahtiar Dorong HPN jadi Lokomotif Pembangunan

  • Bagikan
AUDIENSI. Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin menerima audiensi panitia pelantikan PW HPN Sulbar, Selasa 6 Agustus 2024. (Foto: IST)

MAMUJU, RADAR SULBAR – Ekonomi Sulbar sulit melaju tanpa dukungan dari semua pihak, khususnya sektor swasta. Olehnya pemerintah daerah tidak boleh menutup diri atas kehadiran mereka.

Demikian disampaikan Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, saat menerima audiensi panitia pelantikan Pengurus Wilayah Himpunan Pengusaha Nahdliyin (PW HPN) Sulbar di rumah jabatannya, Selasa 6 Agustus.

“Ini yang sekarang sementara kami pikirkan untuk Sulbar. Bagaimana ekonomi kita bisa terus meningkat. Banyak program yang digagas, tinggal disesuaikan dengan karakter masyarakat agar masing-masing program memberikan hasil maksimal,” tarang Bahtiar.

Kepada panitia pelantikan PW HPN Sulbar, Bahtiar menitip harapan lembaga ini ke depan menjadi penggerak ekonomi daerah. Sebab ia yakin, peran pengusaha akan memberikan hasil yang lebih baik.

“Kalau hanya mengandalkan APBD, maka akan sulit ekonomi kita melaju. Akan begitu-begitu saja. Nah di situlah peran pengusaha, bisa menggerakkan sektor ekonomi baru, baik yang bergerak pada sektor industri pengolahan atau sektor kreatif lainnya,” imbuh Bahtiar.

Selain itu, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini juga mengajak pengusaha menjadi pendorong terwujudnya infrastruktur yang memadai di Sulawesi Barat. Khususnya adalah pelabuhan.

Bahtiar meyakini, jika pelabuhan bisa berjalan maksimal, Sulawesi Barat menjadi provinsi yang memiliki daya saing. Sebab, provinsi ke-33 ini merupakan bagian dari poros maritim ALKI II yang menjadi jalur perdagangan internasional.

Secara teori, sambung Bahtiar, sumber daya alam daerah ini melimpah, tapi faktanya yang menerima manfaat bukan Sulbar, melainkan provinsi tetangga, Sulsel, Sulteng, atau Kaltim.

“Ini karena pelabuhan kita tidak maksimal, jadi sumber daya alam kita diangkut melalui pelabuhan daerah tetangga. Celakanya, bukan hanya masalah nama saja, pencatatan itu berkonsekuensi terhadap transfer anggaran pusat ke daerah, semakin sedikit yang tercatat dalam aktivitas ekspor dari Sulbar, maka dana transfer dari pusat juga tidak maksimal,” urai Bahtiar.

Untuk diketahui, agenda pelantikan PW HPN Sulbar akan digelar pada Senin 12 Agustus 2024. Jika tak ada halangan, agenda ini akan dihadiri langsung Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) HPN, Tyovan Ari Widagdo serta Sekretaris Jenderal PP HPN, Samsul B Ibrahim. (*)

  • Bagikan