Pemprov Sulbar Tebar Kepiting di Hutan Bakau Pantai Sumare

  • Bagikan
KEPITING

MAMUJU, RADAR SULBAR –Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin melakukan penebaran induk-anak Kepiting Bakau di Hutan Bakau Pantai Sumare, Desa Sumare Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Minggu 4 Agustus 2024.

Bahtiar Baharuddin mengatakan, kepiting tersebut diperoleh saat melakukan kunjungan ke Penangkaran di Bone, SulSel. Ia sengaja membawa beberapa kepiting untuk disebar di beberapa titik hutan bakau di Sulbar.

“Ini merupakan inisiatif saya bersama Dinas Kelautan dan Perikanan membawa benih kepiting untuk disebar, sebagai percontohan,” kata Bahtiar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sulbar Suyuti mengatakan, dengan potensi hutan Bakau sepanjang pesisir Sulbar sangat berpotensi mengembangkan penangkaran Kepiting.

Disebutkan,  lahan  yang ditumbuhi pohon bakau di Sulawesi Barat dalam ekosistem mangrove seluas 3.324 hektare terdiri dari 527 hektare di dalam kawasan hutan dan 2.797 hektare di luar kawasan hutan.

“Ekosistem mangrove dan kepiting menyatu di dalam alam. Termasuk dalam mendukung ekowisata,” kata Suyuti.

Salah seorang warga Desa Sumare Johari, mendukung program Pemprov Sulbar yang akan mendorong penangkaran Kepiting.

Kami sangat mendukung, ada program pemerintah ,apalagi kalau ada penangkaran Kepiting disini, mudah-mudahan bisa dibantu agar masyarakat ada pekerjaan dan pendapatan lain, ini kedepan juga bisa dinikmati anak anak,” kata Johari. (jaf)

  • Bagikan