Kunjungi Peternakan di Barru, Pemprov Sulbar

  • Bagikan

BARRU, RADAR SULBAR — Puluhan Pejabat Pemprov Sulbar melakukan studi karya inovatif di Sulsel dalam sepekan terakhir. Sejumlah kabupaten dikunjungi untuk menengok pengembangan di berbagai sektor. Termasuk Peternakan Sapi di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan, Jumat 2 Agustus 2024.

Rombongan pejabat eselon II ini dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin, dia menyebutnya Studi Karya Inovasi. Rombongan diterima oleh Dinas Peternakan Pemprov Sulsel dan Dinas Pemkab Barru. Hadir juga pemilik lahan peternakan Zulkifli bersama peternak lainnya. Termasuk sejumlah mahasiswa Unhas yang sedang melakukan penelitian terhadap pengembangan hewan Sapi Bali di Barru.

Pengelola Ternak Zulkifli mengatakan, dalam mengelola peternakan miliknya kini sudah melibatkan Dinas Peternakan dan Universitas Hasanuddin. Termasuk inseminasi buatan yang menjadi program saat Bahtiar Baharuddin menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

“Saat Idul Adha 2024 lalu kami jual sebanyak 231 ekor. Harganya bervariasi, minimal 15 juta perekor paling tinggi 25 juta” kata Zulkifli dari total penjualannya tersebut peternak mendapat keuntungan mencapai Rp. 200 juta.

Menurut Zulkifli, peternakan yang dia lakukan bukan hanya jual beli tetapi mulai dari pembibitan, budidaya dan penggemukan. Semua kata dia melalui teknologi dan pendampingan dari pemerintah.

Sementara itu menurut Asisten III Pemprov Sulbar Amujib, dengan hadirnya para pimpinan OPD di Kabupaten Barru akan mendapatkan inspirasi dengan altermatif inovasi sesuai dengan potensi kita di sulbar.

“Sepulang kami dari sini, studi inovasi ini. Untuk kita bisa tularkan kepada masyarakat Sulbar.
Yang berbeda dari Sulbar sebab di sini ada keterlibatan dari Dinas Peternakan. Mulai dari pendampingan hingga penjualannya. Dan itu dilakukan nanti pada zamannya Pak Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel” tandas Amujib.
“Dan kami sangat yakin dengan berbagai inovasi inovasi yang ditawarkan Pak Gubernur, Insya Allah ke depan Sulawesi Barat akan lebih maju ke depan” tambahnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version