Persiapan HUT Kemerdekaan, 75 Calon Paskibraka Polman Mulai Latihan

  • Bagikan
GENJOT LATIHAN. Calon Paskibraka Polman mulai latihan baris berbaris di Lapangan Pancasila Pekkabata, Selasa 30 Juli 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — Sebanyak 75 Calon Paskibraka (Capaska) Kabupaten Polewali Mandar mulai menjalani latihan di Lapangan Pancasila Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali, Selasa 30 Juli 2024.

Sebelum mereka latihan pengibaran dan penurunan bendera saat Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79, 17 Agustus mendatang. Para Capaska ini mengikuti acara pembukaan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Paskibraka 2024 di aula Rujab Bupati Polman, Senin, 29 Juli. Pembukaan Diklat Paskibraka ini dipimpin Pj Sekda Polman I Nengah Tri Sumadana.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan dan Kebangsaan Kesbangpol Polman, Zabir mengungkapkan latihan Capaska ini digelar selama 17 hari mulai, 30 Juli hingga 13 Agustus mendatang. Kemudian dilakukan karantina tiga hari sebelum mereka bertugas pada hari H peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang.

Zabir mengatakan dalam latihan ini Capaska akan dikelompokkan dalam tiga pleton yakni kelompok 17, kelompok 8 dan 45. Para Capaska ini merupakan siswa pilihan dari sejumlah sekolah SLTA di Polewali Mandar. Capaska ini terdiri dari putra 41 orang dan putri 34 orang.

“75 Capaska ini merupakan hasil seleksi ketat yang telah dilakukan beberapa bulan lalu.
Latihan Capaska ini diawali dengan pembukaan diklat, Senin 29 Juli di rujab Bupati Polman. Kemudian latihan di Lapangan Pancasila dimulai, Selasa 30 Juli hingga 13 Agustus mendatang. Kemudian 75 Capaska ini dikarantina mulai 13 Agustus hingga 17 Agustus mendatang. Serta pengukuhan Paskibraka dilakukan tanggal 15 Agustus malam,” jelas Zabir ditemui di Lapangan Pacasila Pekkabata, Selasa 30 Juli.

Ia mengatakan Capaski ini memiliki tugas utama mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pusaka dalam upacara HUT RI ke-79. Kegiatan diklat Paskibraka ini, kata Zabir merupakan rangkaian mata rantai aktivitas dimulai dari persiapan, sosialisasi, rekrutmen dan seleksi, pemusatan latihan sampai pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera pusaka hingga pemberian penghargaan bagi peserta yang telah menunaikan tugasnya.

Sebelumnya, Penjabat Sekda Polman I Nengah Tri Sumadana saat membuka diklat Paskibraka berharap 75 putra putri pilihan ini dapat berlatih sunguh sungguh sehingga saat pelaksanaan tugasnya nanti bisa sukses.

“Kalian adalah siswa pilihan dari berbagai sekolah di Polman. Sehingga saya berharap berlatih serius mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Diklat Paskibraka. Siapkan fisik dan mental dan jaga kesehatan karena akan mengikuti latihan selama dua pekan. Ini menjadi tanggungjawab sebagai siswa pilihan mengikuti Paskibraka,” terang I Nengah Tri Sumadana.

Dalam diklat ini, Capaska akan diajarkan, ditanamkan, dikuatkan, dan diinternalisasikan nilai-nilai kebangsaan, perjuangan, disiplin, peduli, kerjasama, yang menjadi modal utama untuk menjalankan tugas utama dalam rangka 17 Agustus 2024.

“Di pundak para paskibraka, di setiap langkah kaki yang tegap dan ayunan tangan ada tanggungjawab besar yang dititipkan oleh negara, pemerintah daerah, seluruh masyarakat Polman pada tahun 2024 mereka bisa mengibarkan bendera merah putih dengan sukses dan lancar,” tandasnya.

Sementara Pelatih Paskibraka Polman, Daryatno Putra menambahkan 75 calon Paskibraka ini akan mengikuti latihan mulai 30 Juli hingga 13 Agustus di Lapangan Pancasila Pekkabata. Kemudian akan dilakukan karantina selama empat hari mulai 14 Agustus hingga 17 Agustus di salah satu hotel di Polewali. Selanjutnya pengukuhan Paskibraka diadakan Selasa malam 15 Agustus.

“Nantinya 75 calon paskibraka ini akan dibagi tiga kelompok yakni pasukan 17 sebagai pengiring bendera, pasukan 8 sebagai pembawa bendera dan pasukan 45 sebagai pengawal. Tapi saat ini belum ditentukan pasuka 17, pasukan 8 dan 45 , karena ini masih memulai latihan baris berbaris,” tandasnya. (mkb)

  • Bagikan

Exit mobile version