BPJS Kesehatan dan Pj Bupati Polman Perkuat Sinergi

  • Bagikan
SILATURRAHMI. Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal yang didampingi oleh Deputi Direksi Wilayah IX, Yessi Kumalasari melakukan silaturrahmi dengan Penjabat (Pj) Bupati Polewali Mandar (Polman) Muh Ilham Borahima, Kamis 18 Juli 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — Kolaborasi dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Seperti halnya kunjungan Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal yang didampingi oleh Deputi Direksi Wilayah IX, Yessi Kumalasari melakukan silaturrahmi dengan Penjabat (Pj) Bupati Polewali Mandar (Polman) Muh Ilham Borahima, Kamis 18 Juli lalu.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergitas antara Pemkab Polman dengan BPJS Kesehatan.

Andi Afdal mengatakan, predikat Kabupaten Polman yang sudah Universal Health Coverage (UHC), akan dibarengi dengan peningkatan mutu layanan. Ini merupakan tujuan bersama untuk terus dikawal, agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan secara menyeluruh khususnya di Kabupaten Polman.

”Selain silaturahmi, ada beberapa hal yang perlu disampaikan. Apresiasi saya kepada Pemkab Polman yang secara terus-menerus berkolaborasi dalam peningkatan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, salah satunya dengan UHC. Sejumlah 417.359 jiwa terdaftar sebagai peserta JKN di Kabupaten Polman, selain itu fasilitas kesehatan memiliki tujuan yang sama dengan kami dalam bertransformasi meningkatkan mutu layanan,” ujar Andi Afdal.

Andi Afdal menambahkan, pemerintah daerah sangat berperan aktif dalam mendukung berjalannya program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Hal ini dibuktikan oleh seluruh pemangku kepentingan dengan bersinergi memberikan pelayanan kepada seluruh peserta JKN.

”Pemangku kepentingan memberikan testimoni yang baik atas komunikasi yang terbentuk selama ini dengan BPJS Kesehatan Cabang Polewali. Walaupun ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dalam pemberian informasi secara masif kepada seluruh lapisan masyarakat, tidak menutup kemungkinan informasi terbaru juga perlu disampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan melalui sosialisasi kepada internal pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Polewali Mandar,” terang Afdal.

Sementara itu, Pj Bupati Polman, Muhammad Ilham Borahima, mengatakan pemerintah daerah akan terus mendukung program JKN. Selama ini seluruh masyarakat terus dihimbau untuk terdaftar sebagai peserta JKN. Sehingga cakupan kepesertaan bisa menyeluruh secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Polman.

”Terbukti dari beberapa tahun yang sudah berjalan menerapkan program UHC, sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Polman terdaftar sebagai peserta JKN. Pemerintah daerah akan terus berperan aktif mengawal sehingga perbaikan dan peningkatan mutu layanan yang ada akan terus dilakukan monitoring serta evaluasi secara berkala untuk perkembangan transformasi mutu layanan, peningkatan sarana dan prasarana juga terus kami upayakan sehingga seluruh fasilitas kesehatan dapat memberikan yang terbaik kepada seluruh peserta JKN,” terangnya.

Muh Ilham Borahima menambahkan, pentingnya sinergi antara BPJS Kesehatan dengan pemangku kepentingan serta pemerintah daerah terus ditingkatkan, hal ini menjadi fokus pemerintah daerah yang akan secara masif membantu BPJS Kesehatan memberikan informasi terbaru kepada seluruh lapisan masyarakat Polman.

”Saya berharap BPJS Kesehatan Cabang Polewali dapat memberikan sosialisasi secara berkala kepada seluruh lapisan masyarakat dengan menggandeng pemangku kepentingan, sehingga informasi secara masif dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat secara jelas, tanpa ada kekurangan informasi yang takutnya akan berdampak pada informasi penyebaran yang keliru. Harapan saya dengan beberapa catatan ini dapat segera dilakukan tindak lanjut, supaya dengan berjalannya layanan Program JKN dapat terus meningkat demi kepuasan seluruh peserta JKN,” tutupnya.

Data saat ini, tercatat jumlah penduduk Kabupaten Polman sejumlah 488.698 jiwa, dan penduduk yang terdaftar menjadi peserta aktif JKN di Kabupaten Polman 417.359 jiwa. (rls/mkb)

  • Bagikan