Teluk Mamuju Potensi Wisata Healing Kelas Dunia

  • Bagikan

Oleh: Bahtiar Baharuddin (Penjabat Gubernur Sulbar)

Ibu Kota Sulawesi Barat, Mamuju kembali meraih predikat kota dengan kualitas udara paling bersih di Indonesia. Berdasarkan indeks kualitas udara versi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Mamuju memiliki skor 25 pada Kamis 18 Juli 2024 pada pukul 17.00 WIB. Mamuju (Sulawesi Barat) mendapat nilai 25, Balikpapan (Kalimantan Timur), 29 Dan Palu (Sulawesi Tengah): 36.

Potensi ini tentu menjadi kekuatan Mamuju sebagai ibukota Sulawesi Barat sehingga layak dilirik oleh investor untuk menjadikan Mamuju sebagai wisata healing dunia. Dalil menempatkan Mamuju sebagai wisata healing dapat dilihat dari panorama perairan Teluk Mamuju yang indah, airnya biru bersih, sangat tepat menjadi tempat diving sebab panorama laut seperti karang dan ikan sangat menawan.

Jika ada investor yang melirik maka di sini bisa dibangun kawasan Forest City. Mamuju bisa menjadi kota tujuan pensiun dari warga seluruh dunia yg mendambakan udara bersih. Letaknya berada di pesisir pantai barat Selat Makasar, kita dapat menyaksikan sunset matahari terbenam terpanjang dan gratis.

Atraksi menarik lainnya saat berlibur di Mamuju adalah wisata airnya seperti wisata memancing gratis di tepi pantai Teluk Mamuju.


Pun lahannya sangat subur di mana pH nya pada posisi netral di atas 7 yang merupakan pH ideal dengan kandungan senyawa organik, mikroorganisme, unsur hara dan mineral-mineral dalam kondisi yang optimal.

Sebagai Penjabat Gubernur saya menawarkan dan mengajak warga masyarakat seluruh Indonesia dan wisatawan seluruh berkunjung ke Mamuju. Dijamin betah, nyaman dan menyenangkan.

Mamuju juga memiliki bukit untuk hiking di mana pemandangannya adalah panorama pebukitan dan laut lepas. Lokasinya tepat di tengah kota. Mamuju benar benar sangat indah. Allah SWT Yang Maha Kuasa begitu sempurna menciptakan lukisan alam Mamuju, laut, teluk, gunung gunung yang menakjubkan

Oleh karena itu sangatlah memenuhi syarat jika kami mengusulkan kepada Bapak Presiden dan Menteri terkait untuk menjadikan Teluk Mamuju menjadi Kawasan Strategik Pariwasata Nasional.(*)

  • Bagikan