Pj Bupati Lantik Pj Sekda dan Kadisdukcapil Pemkab Polman

  • Bagikan
LANTIK -- Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima melantik Penjabat Sekda Polman I Nengah Tri Sumadana dan Kepala Disdukcapil, Astuty Azwar di ruang pola Kantor Bupati Polman, Selasa 16 Juli 2024.

POLEWALI RADAR SULBAR — Penjabat Bupati Polewali Mandar Muh Ilham Borahima melantik Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Polman, I Nengah Tri Sumadana sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Polman, Selasa 16 Juli.

Selain Pj Sekda, Muh Ilham Borahima juga melantik Sekretasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Astuty Azwar menjadi Kepala Disdukcapil. Pelantikan dilakukan di ruang pola Kantor Bupati Polman ini dihadiri sejumlah kalangan termasuk Ketua DPRD Polman Jufri Mahmud dan pimpinan OPD Pemkab Polman.

Menurut Ilham Borahima berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Polman Nomor 2403 tahun 2024 tertanggal 12 Juli 2024 menangkat I Nengah Tri Sumadana sebagai Penjabat Sekda Polman untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda pasca pejabat lama Bebas Manggazali memasuki purna tugas.

Nengah akan menjabat Pj Sekda Polman selama tiga bulan kedepan dan dapat diangkat kembali sampai adanya penjabat defenitif Sekda Polman. Sebelum dilantik sebagai penjabat Sekda, Nengah Tri Sumadana sudah ditunjuk sebagai pelaksana harian Sekda.

Pj Bupati Polman mengatakan beberapa tugas yang dihadapai Pj Sekda kedepan pasca dilantik. Utamanya menyiapkan anggaran untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dimana penyiapan anggaran sebesar 60 persen dari NHPD yang telah disepakati bersama KPU, Bawaslu dan pihak pengamanan.

“Selain itu saya juga yakin Pj Sekda mampu mengatasi masalah defisit anggaran, kemiskinan ekstrim, stunting, putus sekolah, pernikahan dini dan berbagai pesoalan lainnya,” terang Ilham Borahima.

Selain itu, pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Polman juga harus tetap dijalankan. Bagaimana memberikan motivasi dan semangat kepada ASN agar tetap disiplin menjalankan tugas. Termasuk terus berkoordinasi dengan DPRD Polman dalam menyelesaikan pembahasan berberapa Ranperda utamanya masalah RTRW. Termasuk masalah alih fungsi lahan pertanian, sehingga revisi Perda RTRW dipercepat.

“Saya juga mengharapkan dukungan pimpinan OPD agar dapat mensuppor tugas Pj Sekda sehingga kedepan bisa melaksanakan tugas dengan baik dan sukses. Jangan diliat beliau ini junior tetapi bagaimana visi kedepan dalam mengemban tugas dan kepercayaan diberikan pimpinan,” tandasnya.

Ilham Borahima juga memberikan tugas kepada Kepala Disdukcapil Polman Astuty Azwar untuk mempercepat proses perekamana e-KTP menjelang Pilkada. Karena masih ada sekira 14.000 warga yang belum melakukan proses perekaman e-KTP sehingga perlu inovasi baru agar target perekaman bisa tercapai.

“Saya minta inovasi jemput bola perekaman e-KTP ketingkat desa dan kecamatan khususnya daerah terpencil segera dilakukan. Karena perekaman e-KTP ini sangat berkaitan dengan persyaratan memilih di Pilkada nanti sehingga harus digenjot walaupun berbagai kendala anggaran dan sarana prasarana,” tandasnya. (mkb)

  • Bagikan