Koalisi Indonesia Maju Menyatu di Polman

  • Bagikan

POLMAN, RADAR SULBAR – Tiga partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni Gerindra, PAN, dan Golkar menyatukan dukungan untuk memenangkan pasangan calon bupati Andi Bebas Manggazali dan Siti Rahmawati (Siti KDI) (BESTI) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat.

PAN resmi mengusung pasangan BESTI untuk maju sebagai calon bupati-wakil bupati Polman dalam Pilkada Serentak 2024. Pasangan ini telah mengantongi formulir B1-KWK dari PAN. B1-KWK adalah formulir yamg menjadi syarat resmi bagi paslon untuk mendaftarkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati ke KPU. 

“Kami (PAN) sepakat mengusung pasangan Bebas-Siti KDI untuk maju. Insya Allah pasangan ini amanah untuk memajukan Kabupaten Polewali Mandar. Atas izin Allah, pasangan ini akan menang. Kita beri dukungan penuh untuk pasangan Besti,” ujar Zulhas, di Jakarta Selasa malam, 9 Juli 2024.

Selanjutnya Gerindra. Partai pemenang Pilpres ini resmi mensuport penuh pasangan Bebas-Siti. Partai besutan presiden terpilih Prabowo Subianto itu telah merekomendasikan pasangan BESTI untuk maju sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Polman.

Berdasarkan foto yang diterima redaksi, surat rekomendasi itu dikeluarkan pada 15 Juli 2024. Diserahkan oleh Sekjen partai Gerindra Ahmad Muzani kepada Ketua DPD Gerindra Sulbar, Andi Ruskati Ali Baal Masdar.

Sementara itu Golkar, calon bupati Polman, Andi Bebas Manggazali dikabarkan tak lama lagi akan menerima surat rekomendasi usungan disertai penyerahan formulir B1-KWK, menyusul partai-partai Gerindra dan PAN.

Bebas bahkan sudah bertemu Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Rizal Mallarangeng di kediamannya kawasan Menteng Jakarta Pusat, Minggu 23 Juni 2024. “Kami ketemu bukan semata hanya membahas politik, tetapi lebih kepada kunjungan silaturahmi,” kata Bebas saat dihubungi, Selasa malam 25 Juni 2024.

Dijelaskan Bebas, dari pertemuan itu dirinya banyak mendapat nasihat dari politikus kelahiran Makassar itu bagaimana menghadapi Pilkada serentak November mendatang. “Kami menerima petuah-petuah beliau sebagai politikus yang matang dan sangat senior. Banyak pembelajaran yang saya dapatkan,” tutur Bebas, yang juga menjabat sebagai Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Polman saat dikonfirmasi masih berada di Bali.

Dengan dukungan koalisi KIM, peluang Bebas Manggazali untuk memenangkan kontestasi pemilihan bupati mendatang cukup besar. Apalagi, menurut survei terbaru dari Trust Indonesia menempatkan nama Bebas Manggazali memimpin top of mind, dengan tingkat elektabilitas yang tinggi.

Bebas pun akan semakin di atas angin jika partai lain seperti PDI Perjuangan, dan PPP jika ikut tergabung dalam koalisi. Seperti diungkap Konsultan Politik Lokal, Sulawesi Barat, Fahruddin, sebulan memasuki tahapan pilkada KPU Juli 2024, pasangan BESTI kian menyita perhatian publik.

Dikatakan, Bebas Manggazali memiliki kelebihan dibanding calon lain karena lebih awal menjalin komunikasi dengan KIM. Dia meyakini, koalisi ini akan solid hingga ke tingkat bawah. Di mana Polman adalah kunci suara di Provinsi Sulbar dengan jumlah DPT terbesar mencapai 345.281 suara.

Sementara itu, kubu Nasdem melalui ketuanya Dirga Adhi Putra Singkarru, hampir pasti maju bersama koalisinya, PKS. Apalagi sudah mendeklarasikan diri dengan pasangannya Iskandar Muda 9 Juni 2024 lalu. (*)

  • Bagikan