Ketua DPRD Suraidah Ajak Masyarakat Bersama-Sama Awasi Pilkada Serentak 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RADAR SULBAR –Ketua DPRD Sulawesi Barat (Sulbar) St. Suraidah Suhardi mengajak masyarakat bersama-sama mengawasi jalannya pesta Demokrasi.

Hal itu disampaikan Suraidah usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Wilayah Sulawesi, Kalimantan dan Maluku membahas Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024, di Claro Hotel Makassar, Kamis 27 Juni 2024.

Hal ini sebagaimana arahan Menkopolhukam dan Mendagri pada Rakor, peran masyarakat sangat diperlukan kerjasamanya untuk mewujudkan pilkada yang berkualitas.

“Tentu kita ingin daerah ini melahirkan pemimpin yang berkualitas sesuai yang diinginkan masyarakat sehingga selain unsur penyelenggara, pemerintah dan stakeholder lainnya, peran aktif masyarakat sangat kita butuhkan agar bersama-sama mengawasi setiap tahapan pilkada,” kata Suraidah.

Suraidah juga berharap agar masyarakat tetap menjaga kerukunan, serta tidak memunculkan konflik atau perpecahan dalam mengawal demokrasi.

Begitupun peran media, diharapkan agar melalui penyebarluasan informasi dapat mengedukasi masyarakat, memperkuat persatuan dan kesatuan dan menghindari hal yang sifatnya hoaks dan dapat memecah belah di tengah masyarakat.

Diketahui Rakor dihadiri langsung Menko Polhukam RI Hadi Tjahjanto dan Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam Polri), Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, serta para Forkopimda, Gubernur, Ketua DPRD, Kapolda, Kejaksaan Tinggi, Danrem 142 Tatag, Badan Intelejen Negara (BIN) Bupati/Wali Kota Se-Regional Sulawesi, Kalimantan dan Maluku.

Menko Polhukam RI Hadi Tjahjanto memaparkan terkait Kepmenko Nomor 10 Tahun 2024 tentang Deks Koordinasi Pemilu dan Pilkada Kemenko Polhukam. Serta lima hal tindak lanjut agar terlaksananya koordinasi yaitu :

  1. Bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali.
  2. Meningkatkan koordinasi antar Kementerian/Lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai regulasi dan ketentuan yang berlaku.
  3. Perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan.
  4. Seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat.
  5. Meningkatkan peningkatan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif, dan berkualitas.

Sementara, Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian juga menekankan pentingnya peran pemerintah dalam memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Sulawesi, Kalimantan dan Maluku.

“Tetap menjaga stabilitas politik agar sesuai mekanisme yang berlaku dan tak lupa untuk tetap mengedepankan netralitas dan suasana kondusif terutama kepada ASN, TNI dan Polri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024,”tutupnya.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version