Ikut Fashion Show, Kepala BKKBN Sulbar dan Istri Gunakan Busana Adat Perpaduan Sutera Mandar dan Tenun Sekomandi Khas Sulbar

  • Bagikan

SEMARANG, RADAR SULBAR — Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Barat, Rezky Murwanto bersama istri mengikuti lomba fashion show pada kegiatan Pameran dan Gelar Dagang UPPKA UMKM di Simpang Lima Lapangan Pancasila, Semarang, Kamis, 27 Juni 2024.

Fashion show ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 31 tahun 2024 dengan tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”, di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Pesertanya seluruh Kepala BKKBN provinsi se Indonesia. Tujuannya untuk memperkenalkan busana adat daerah yang dimiliki masing-masing daerah dari 38 provinsi se-Indonesia ketingkat nasional maupun internasional.

Mendapat kesempatan tampil pertama, Kepala BKKBN Sulbar dan istri menggunakan busana adat perpaduan kain Sutera Mandar yang mencerminkan ketangguhan dan keindahan tradisional, dengan kain Tenun Sekomandi yang telah eksis lebih dari 480 tahun yang menawarkan keindahan alami dengan pewarna alami dari cabe.

Perpaduan busana adat antara sutera mandar dan tenun sekomandi cocok digunakan untuk semua kalangan, baik orang tua maupun jiwa muda dengan corak khas dan teknik pembuatan tradisional menggunakan Alat Tenun Batik Manual (ATBM).

Selain itu, Kepala BKKBN Sulbar dan istri juga memperkenalkan produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) Sulbar, serta kopi Arabika juara nasional dan dunia dari Mamasa, ditemani kripik pisang Karampuang. (ian)

  • Bagikan