Tingkatkan Pengawasan Orang Asing, Imigrasi Mamuju Lakukan Operasi Gabungan Di Mateng

  • Bagikan

TOPOYO, RADAR SULBAR – Guna meningkatkan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju menggelar Rapat Koordinasi dan Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu 26 Juni 2024.

Kepala Kanim Mamuju, Ikram A Taha, dalam sambutan pembukaan rapat menyampaikan koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing.

“Kehadiran Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kabupaten Mamuju Tengah dapat menjadi sebuah wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing di Kabupaten Mamuju Tengah” ujar Ikram.

Ikram menjelaskan pentingnya kegiatan ini sebagai wujud sinergi dan kolaborasi untuk menjaga keamanan. “kegiatan pengawasan orang asing dilaksanakan untuk menjaga tetap terpeliharanya keamanan dan kepentingan nasional dari dampak negatif yang dapat timbul akibat keberadaan dan kegiatan orang asing” pungkasnya.

Setelah rapat, Timpora melanjutkan dengan operasi gabungan untuk mengawasi kehadiran beberapa orang asing yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah seperti di Desa Polongaan dan Desa Paraili.

Kegiatan yang diikuti oleh instansi dari berbagai lintas sektor termasuk aparat penegak hukum dan pemerintah daerah ini merupakan langkah konkret dalam mengoptimalkan pengawasan terhadap orang asing untuk menjaga kedamaian dan ketertiban di Kabupaten Mamuju Tengah.

Terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja mendukung upaya yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Mamuju dalam kegiatan ini.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan sinergi antar instansi yang tergabung dalam anggota Timpora untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Sulbar,” tutup Pamuji.(*)

  • Bagikan