PKB Rekomendasikan KH Syibli Sahabuddin untuk Pilkada Polman 2024

  • Bagikan
SERAHKAN. Ketua DPC PKB Polman, H Amiruddin menyerahkan rekomendasi DPP PKB kepada KH Muh Syibli Sahabuddin sebagai calon Bupati Polman 2024 di Kantor Sekretariat PKB Polman, Kamis 20 Juni 2024.--ist--

POLEWALI RADAR SULBAR — Setelah melakukan penjaringan calon kepala daerah desk Pilkada, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan rekomendasi kepada KH Muhammad Syibli Sahabuddin sebagai calon Bupati Polman pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Rekomendasi DPP PKB tersebut telah diserahkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Polman Amiruddin kepada KH Muhammad Syibli Sahabuddin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Sulawesi Barat di Kantor Sekretariat DPC PKB Polman, Kampung Tangnga Kelurahan Matakali, Kecamatan Matakali, Polman, Kamis 20 Juni 2024.

Ketua DPC PKB Kabupaten Polman, Amiruddin mengatakan, penjaringan calon dilakukan sesuau ketentuan. Disebutkan, Desk Pilkada PKB Polman menerima pendaftaran lima calon yakni Andi Irman Patiroi, Andi Masri Masdar, Andi Babes Manggazali, Muhammad Syibli Sahabuddin dan Samsul Mahmud. Nama-nama inilah yang kemudian diserahkan ke DPP PKB. Hanya saja, pada uji kelayakan dan kepatuhan di DPP PKB, hanya Andi Masri Masdar dan KH Syibli Sahabuddin pada tahapan tersebut.

Dari dua nama tersisa, DPP PKB memutuskan untuk memberi rekomendasi kepada KH Syibli Sahabuddin atas dasar paling memenuhi persyaratan dari berbagai kriteria dalam penjaringan Cakada desk Pilkada PKB.

Sehingga DPP PKB mengeluarkan surat rekomendasi bernomor 30147/ DPP/01/ 2024 tertanggal 12 Juni 2024. Tentang penetapan tahap pertama Muhammad Syibli Sahabuddin, sebagai Bacabup Kabupaten Polman periode 2024-2029 yang akan diusung PKB. Rekomendasi tersebut ditandatangani Sekretaris Jenderal DPP PKB, M. Hasanuddin Wahid dan Ketua Bidang Penguatan Struktur Eksekutif dan Legislatif, Abd Halim Iskandar.

Dalam surat rekomendasi tersebut, PKB memberikan tugas dan tanggung jawab kepada KH Syibli Sahabuddin, untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi internal PKB. Melakukan komunikasi dengan pihak eksternal PKB atau parpol lain untuk diajak berkoalisi di Pilkada Polman agar memenuhi syarat minimal pendaftaran Pilkada yakni delapan kursi. Sementara PKB Polman hanya memiliki lima kursi di DPRD Polman hasil Pemilu 2024.

Terpisah KH Syibli Sahabuddin berterima kasih atas kepercayaan DPP PKB yang mengusung dirinya untuk Pilkada Polman.

“Sebagai orang Polman, yang tubuh dan besar di daerah ini dan memahami dinamika struktur masyarakat Polman, sehingga saya berkeyakinan kuat untuk membangun Polman, dengan segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. Terima kasih atas kepercayaan penuh diberikan kepada saya. Dengan tanggung jawab besar akan maju memenangkan Pilkada Polman, dengan keyakinan memahami kebutuhan masyarakat Kabupaten Polman,” terang KH Syibli Sahabuddin.

Menurut Ketua DPW PKB Sulbar ini, Kabupaten Polman bukalah sesuatu yang biasa saja, tetapi Kabupaten Polman sudah luar biasa. Sehingga mengharapkan dukungan semua pihak, bersama membangun dan memajukan Kabupaten Polman kedepan. Dan meminta restu dari masyarakat Kabupaten Polman.

“Kabupaten Polman bukan daerah biasa saja tetapi menjadi Kabupaten Polman, menjadi luar biasa. Menjadi daerah menyiapka segala kebutuhan masyarakat Sulbar,” tambahnya.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB, Surgawa Askari menambahkan dipilihnya KH Syibli Sahabuddin sebagai Bacabup di Pilkada Polman penuh pertimbangan matang dan telah memenuhi segala persyaratan dibandingkan kandidat lain yang mendaftar di PKB.

Sementara untuk memenuhi syarat dukungan di Pilkada Polman, PKB akan terus melakukan komunikasi politik dengan partai politik yang ditempati mendaftaran KH Syibli Sahabuddin. Seperti di Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Hanura dan Partai Amanah Nasional (PAN).

“Komunikasi partai politik untuk membangun kerjasama politik dengan petinggi partai politik yang ditempat mendaftar,” tambah Surgawan.

Ia menambahkan untuk Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) pendamping KH Syibli Sahabuddin nantinya akan ditentukan hasil survai internal PKB.

“Saat ini sementara turun survei PKB di Kabupaten Polman untuk menentukan Bacawabup. Selain itu akan melihat dinamikan politik dan tawaran politik, untuk mengusung berpasangan Bacabup dan Bacawabup di Pilkada Polman. Termasuk mempertimbangkan geopolitik dan melakukan komunikasi politik dengan petinggi parpol terus. Dalam 15 hari kedepan setelah hasil survei keluar maka akan ditentukan siapa nanti akan mendampingi KH Syibli di Pilkada Polman,” jelasnya.

Sebelumnya KH Syibli Sahabuddin juga mendapat rekomendasi dari DPP Partai Hanura sebagai bakal calon Bupati Polman. Surat rekomendasi bernomor RK/ 215/DPP Hanura/V/ 2024.dimana dari tiga nama yang direkomendasikan Hanura salah satunya KH Syibli Sahabuddin. (mkb/jaf)

  • Bagikan