Salat Idul Adha di Lapangan Pancasila, Kemenag Ukur Arah Kiblat dan Atur Saf

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR — Pelaksanaan salat Idul Adha 1445 Hijiriah di Kabupaten Polman akan dipusatkan di Lapangan Pancasila Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan salat Idul Adha ini, Kementerian Agama Kabupaten Polewali Mandar bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) melaksanakan pengukuran arah kiblat dan pengaturan saf, Minggu 16 Juni 2024.

Kegiatan ini dipimpin Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Polman yang juga pengurus PHBI, Abd. Haris Nawawi. Penentuan posisi kiblat dan pengaturan saf dilakukan bersama Tim Bimas Islam Kemenag Polman.

“Terkait arah kiblat ini bukan berarti umat Islam salah arah. Insya Allah di masjid dan musala sudah terukur arah kiblatnya. Hanya saja saat melakukan salat Idul Adha kebanyakan masyarakat menggunakan tanah lapang atau halaman,” ungkap Haris Nawai

Selanjutnya Kepala Seksi Bimas Islam menuturkan bahwa pengukuran arah kiblat ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat dalam melaksanakan ibadah shalat.

“Agar presisi, Kemenag punya tim, Badan Hisab dan Rukyat, salah satu tugasnya mengukur arah kiblat itu. Dengan alat pengukuran arah kiblat sehingga bisa dipastikan salat seseorang sudah menghadap ka’bah,” sambung Haris.

Turut Hadir Kabag Kesra Kab. Polewali Mandar Alimuddin Hasan mewakili Ketua PHBI Kab. Polman. Kepala Seksi Bimas Islam Abd. Haris Nawawi yang juga selaku Sekretaris PHBI Kab. Polewali Mandar dan Personil Seksi Bimas Islam.

Sementara yang akan bertindak sebagai Khatib Salad Id Ustadz Muhammad Bahrul Afif. Sementara bertindak sebagai Imam Ustadz Misbahuddin Adam imam rawatib Masjid Agung Syuhada dan penuntun salat Id, Syed Ahmad Fadl Alhamdali Imam Besar Masjid Agung Syuhada. (mkb/jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version