Sirumung Karaya Bija I Manyambungi Todilaling Arayang Bapanipa

  • Bagikan

POLEWALI, RADAR SULBAR — Simurung Karaya (pertemuan agung Bija I Manyambungi Todilaling arayang ke I Kerajaan Balanipa Mandar (Bimantara-Balanipa) dirangkaikan dengan pengukuhan dewan pengurus Bija I Manyambungi Todilaling Balanipa Mandar dan pengukuhan pengurus kerukunan keluarga arung Sulawesi Selatan (KKASS) wilayah Sulawesi Barat. Sabtu 08 Juni.

Kegiatan ini diselenggarakan di rumah adat taman buxaya buttu ciping. Ketua Panitia Fitriadi Ahmad menyampaikan, kegiatan Sirumung Karaya sudah lama impikan dan bersyukur Tuhan memberikan kesempatan pada ini kita dapat duduk bersama memperat silaturahmi. Yang substansi dalam kegiatan ini adalah menyambung tali silaturahmi antar saudara ri Sulbar Sulsel dan di seluruh Indonesia.

“Kita selenggarakan karena ini adalah acara yang spektakuler, Sirumung Karaya ini sudah lama direncanakan secara kekeluargaan oleh seluruh Bija Imanyambungi Balanipa di seantero Nusantara termasuh dari Sulsel dan terlebih lagi Sulbar,” ujar Ketua Panitia Sirumung Karaya Fitriadi Ahmad.

Lanjutnya, Dalam acara Sirumung Karaya ini juga dilakukan pengukuhan pengurus Bimantara Balanipa dan Pengukuhan pengurus KKASS untuk pengurus wilayah Sulbar.

Fitriadi Ahmad mengatakan, suksesnya acara ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk Pemerintah Provinsi dan Polman, “yang hadir dalam Sirumung Karaya ini dihadiri KKAS baik dari Sulsel seperti Bone, Barru, Soppeng,Maros dan banyak lainnya kemudian di Sulbar khususnya di Pitu ulunna salu pitu bababna Binanga dihadiri hampir semua tokoh hadatnya,” jelasnya

Ia juga mengungkapkan yang terpenting dalam kegiatan 8ni adalah merangkul dalam menjaga adat istiadat sesuai pesat pendahulu untuk senantiasa menjaga dan merawat hubungan kekeluargaan.

Ketua Pengurus Bimantara-Balanipa Andi Amiruddin Toppo dan sekertaris Aisyah Kadir dilantik dan disumpah oleh Pj. Bupati Polman Muh Ilham Borahima dan disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir diantaranya Hj Bau Mujibah Malik Fattana Endeng, Pj Bupati Muh Ilham Borahima dan para tokoh adat lainnya dari Sulsel dan Sulbar.

Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima menyampaikan, ini adapah salah satu organisasi kemasyarakatan diharapkan agar dapat berkolaborasi dalam berupaya mensejahterakan masyarakat di daerah ini jadi jauh lebih maju kedepan dengan membuat program yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat agar masyarakat di daerah ex kerajaan Balanipa ini bisa sejajar dengan daerah yang lebih dulu maju.

“Mari kita sama-sama berjuang melakukan upaya percepatan pembentukan daerah otonomi baru Balanipa dan semoga Bapak Presiden dapat segera membuka kran moratorium agar kita bisa merasakan kemajuan bersama seluruh daerah lainnya di Indonesia.”terang Pj Bupati Polman Muh Ilham Borahima.(arf/jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version