Pulang Kampung, Siti KDI Sempatkan Ziarah ke Makam Leluhur Qadi Balanipa

  • Bagikan

POLMAN, RADAR SULBAR – Pedangdut asal Polewali Mandar (Polman) Siti Rahmawati yang akrab disapa Siti KDI bersama kakaknya Cici Paramida, menyempatkan pulang ke kampung halaman, Selasa hingga Kamis, 4-6 Juni 2024.

Di hari kedua, Siti bersama Cici Paramida mengunjungi sejumlah lokasi, di antaranya berziarah ke makam keluarga dan leluhurnya di Karama dan Pambusuang, Kecamatan Tinambung.

Salah satu makam leluhur yang diziarahi yakni makam KH Muh. As’ad atau lebih dikenal dengan nama KH Daeng yang pernah menjadi qadi (pemimpin keagamaan) Balanipa di Masjid Al Hurriyah Tinambung.

Kerabat Siti yang juga Ketua MUI Sulbar, Prof Napis Djuaeni, mengatakan Siti bersama Cici Paramida merupakan keturunan KH Daeng (1861-1945).

Napis menyebutkan, KH Daeng memiliki tiga orang anak, yakni Abdul Fattah As’ad, KH Makmum As’ad yang juga menjadi qadi Balanipa, dan Juaeni As’ad.

“KH Makmum ini yang kemudian melahirkan beberapa anak, termasuk Idris Makmum yang merupakan bapak Siti dan Cici Paramida,” ungkap Prof Napis.

Sementara itu, Siti mengaku senang dan terharu bisa bertemu keluarganya di Tinambung, Karama, Pambusuang, dan Campalagian.

“Mereka antusias dan merindukan kedatangan Siti bersama Cici,” kata Siti KDI.

Menurut Siti, meski lama tidak bertemu, dia masih familiar dengan wajah-wajah keluarga yang didatanginya.

“Jadi agenda kita kali ini bersilaturahmi dengan keluarga. Masih familiar dengan muka-mukanya, karena kalau ke Jakarta mereka juga biasanya nginap di rumah,” ujar Siti. (*)

  • Bagikan