Kantor Imigrasi Mamuju Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

  • Bagikan

MAMUJU – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Sabtu 1 Juni 2024.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Imigrasi Mamuju, Andi Zulpikar Rasdin. Dia menyampaikan Hari Lahir Pancasila 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,”

Lebih lanjut, Kakanim Mamuju membacakan amanah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, bahwa tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika” pungkasnya.

Yudian mengajak seluruh komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.” Ujar Yudian.

Diakhir sambutan, Yudian mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia” tutup Yudian.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM.(*)

  • Bagikan