Kepala Desa Buku Apresiasi Layanan BPJS Keliling

  • Bagikan

POLEWALI RADAR SULBAR – Sebagai bentuk peningkatan layanan kepada peserta, BPJS Kesehatan Cabang Polewali kembali menghadirkan layanan BPJS Keliling untuk memberikan pelayanan administrasi secara langsung dan penyebaran informasi terbaru seputar Program JKN kepada masyarakat.

Kesempatan kali ini, BPJS Keliling hadir di Desa Buku, Kecamatan Mappili, Kabupaten Polewali Mandar, Senin 22 April.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Polewali, Wahidah mengatakan BPJS keliling menjadi salah satu bentuk kanal layanan yang mendekatkan pelayanan adiminstrasi kepada seluruh masayarakat sekaligus komitmen BPJS Kesehatan untuk menjangkau setiap desa atau kelurahan yang jauh aksesnya untuk mendapatkan pelayanan di kantor cabang.

Sehingga harapannya masyarakat dapat terlayani dengan singkat, cepat, dan tepat tanpa perlu datang tatap muka di kantor cabang.

”Layanan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan pelayanan administrasi di kantor, yakni pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, pengkinian identitas diri. Selain itu, peserta juga dapat melakukan perubahan data, pengecekan keaktifan kartu, registrasi aplikasi Mobile JKN, hingga pemberian informasi dan pengaduan,” terangnya.

Lanjutnya, dengan layanan BPJS Keliling, masyarakat semakin dimudahkan, tidak ada lagi keluhan datang ke kantor melapor untuk merubah data ataupun mendapatkan infromasi itu sulit karena harus ke kantor BPJS Kesehatan yang lokasinya jauh, belum lagi harus mengantre.

”Selama ini banyak keluhan yang disampaikan oleh masyarakat kepada kami, sehingga kami terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat. Pada kesempatan ini kami manfaatkan untuk wadah promosi BPJS Keliling sekaligus untuk memberikan informasi secara masif kepada masyarakat mengenai peran BPJS Keliling untuk melayani peserta yang tempat tinggalnya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan. Jadi pada setiap minggu ada jadwal untuk dilaksanakan BPJS Keliling mengunjungi seluruh desa yakni Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Majene, dan Kabupaten Mamasa,” terangnya.

Wahidah berharap masyarakat turut menyebarluaskan informasi yang diperoleh pada BPJS Keliling kepada sanak keluarga, bahwa BPJS Keliling hadir melayani masyarakat menyasar sampai wilayah terpencil.

Pelaksanaan BPJS Keliling kali ini mendapatkan respon positif dari Kepala Desa Buku, Aminuddin yang hadir mengunjungi mobil BPJS Keliling guna mencari tahu informasi terbaru dari BPJS Kesehatan sekaligus melakukan perubahan data.

Aminuddin mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bagus dan harus sering dilaksanakan, layanan kepada masyarakat tidak harus datang mengunjungi kantor melainkan dengan cara mobilisasi seperti ini.

”Masyarakat bebas berkomunikasi tanpa batasan waktu, dan perlu disebarluaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya pada kegiatan tertentu melainkan pada setiap waktu ketika masyarakat butuh akan informasi terbaru dari Program JKN,” tuturnya.

Aminuddin mengatakan kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh seluas-luasanya oleh warga, sejak minggu lalu informasi pelaksanaan BPJS Keliling telah disebarluaskan kepada seluruh warga.

”Masyarakat Desa Buku agar dapat berpartisipasi guna lebih mendekatkan diri ke masyarakat, memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan maupun mendapatkan informasi. Besar harapan saya untuk ke depannya, ketika kami mengajukan kembali kepada BPJS Kesehatan untuk layanan, BPJS Keliling datang kembali dan kami bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk mendapatkan pelayanan dan informasi,” terangnya.

Ia juga menyerukan agar seluruh masyarakat Desa Buku terus berpartisipasi aktif dalam mengawal Program JKN yang diusung oleh pemerintah ini, agar kehadiran dan keberlangsungan Program JKN dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat secara adil, dan merata.

”Besar harapan saya untuk keberlangsungan Program JKN berjalan dengan pengelolaan yang baik, amanah yang diberikan masyarakat untuk mengelola Program JKN harus dilaksanakan dengan baik. Supaya masyarakat dapat mendapatkan pelayanan yang maksimal, tanpa adanya diskriminasi,” tutupnya. (adv/mkb)

  • Bagikan