Pemprov Sulbar Lakukan Penanaman Sukun di Mamuju Tengah

  • Bagikan

TOPOYO, RADAR SULBAR – Setelah dari Pasangkayu, Rombongan Kunjungan kerja Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama forkopimda melanjutkan penanaman Sukun dan penyerahan 200 bibit Sukun di Mamuju Tengah, Selasa 28 Mei 2024.

Menurutnya, komiditas tambahan ini semoga bisa tumbuh subur di enam kabupaten di Sulbar.

“Jadi kita lakukan sukunisasi. Sukun ini adalah penanda bahwa kita memberikan pesan kepada publik dimasa pemerintahan saya yang diingat bahwa ekosistem alam bagian penting yang kita jaga,” tambahnya.

Sehingga, masyarakat semakin banyak menanam pohon berarti turut andil menjaga ekosistem alam agar tidak menyebabkan bencana alam.

“Karena keberlanjutan daerah dan negara tergantung kemampuan kita merawat alam. Ada daerah yang sangat subur, tapi dikutuk oleh alam, begitupun sebaliknya ada daerah tidak terlalu subur malah mampu melompat menjadi daerah yang maju,” ungkapnya.

Sehingga, alam ini bagian dari ekosistem manusia yang harus dijaga terus menerus.

“Hari ini ada, 20 tahun kedepan ada. Bahkan waktu tak terhingga selalu ada. Jadi salah satu merawat alam itu menanam pohon,” ujarnya.

Selain itu, sukun ini merupakan sumber air yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Buahnya juga bisa menjadi sumber pangan bagi warga. Jadi ini makanan kelas premium, bahkan di luar negeri jadi makanan anak-anak yang berkebutuhan khusus atau autis,” tandasnya.(jaf)

  • Bagikan