Pj Gubernur Sulbar Salurkan Bantuan Bibit Sukun di Pasangkayu

  • Bagikan

PASANGKAYU, RADAR SULBAR – Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin melakukan penanaman Sukun serta menyalurkan bantuan 200 bibit Sukun di Kabupaten Pasangkayu, Selasa 28 Mei 2024.

Gerakan tersebut sekiligus mengajak masyarakat dan pemkab Pasangkayu turut mendukung program tanam Sukun. Dengan harapan, Sulawesi Barat dapat menjadi salah satu penghasil sukun di Indonesia yang akan beriringan dengan provinsi Sulawesi Selatan.


“Yang lain tetap lanjut seperti Sawit, coklat, cengkeh silahkan tidak ada larangan, semakin banyak usaha masyarakat semakin bagus” ujar Bahtiar.

Bahtiar menjelaskan, Sukun merupakan komoditi tambahan di Sulbar karena sudah jarang ditemui pohon Sukun di Sulawesi.

“Ini sementara saya mendorong menjadi komoditi terbaik Indonesia. Bisa dicek belum ada negara penghasil Sukun,” ungkap Bahtiar.

Makanya, sedang dikembangkan dengan diurus mulai dari hilirnya atau pembibitan. Jadi ada pendekatan ilmiah dilakukan mulai membibit, menanam sampai panennya.

“Begitu juga sampai pasarannya. Makanya jumlahnya harus banyak. Kita harus tahu pohon sukun ini tanaman sumber air terbaik. Inilah yang sementara kita dorong dan yang lainnya silahkan kembangkan,” tandasnya.(jaf)

  • Bagikan