MAMUJU TENGAH, RADAR SULBAR – Agung Pramudia (21) mengakui merasa sangat senang telah terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Menurut Agung, Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan terbaik karena telah banyak membantunya dalam persoalan kesehatan. Menurut Agung, layanan yang ia terima sangat baik, kebetulan sang istri baru saja memanfaatkan layanan melalui Program JKN untuk kelahiran buah hatinya.
“Alhamdulillah terbantu sekali, karena bagi kami masyarakat tingkat menengah ke bawah. Karena normalnya biaya rumah sakit begitu mahal, jadi dengan adanya Program JKN ini sangat membantu sekali,” ungkapnya. Senin (13/05).
Agung juga menjelaskan selama melakukan pelayanan kesehatan di rumah sakit, ia bersama istri tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Menurutnya semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Jadi ia merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN ini.
“Apalagi sekarang biaya pelayanan di rumah sakit gratis apabila sudah mempunyai BPJS Kesehatan, jadi saya sangat terbantu karena tidak ada pembayaran lagi,” tuturnya.
Agung dan keluarga merupakan peserta JKN dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Beberapa kali dalam mengakses layanan, ia selalu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dari fasilitas kesehatan. Ia mengatakan jika sebelumnya sempat membawa istrinya ke puskesmas dan harus dilakukan rujukan ke rumah sakit.
“Kebetulan istri saya dirujuk untuk ke rumah sakit karena perlu mendapatkan perawatan lanjutan yang sesuai dengan ketentuannya,” jelasnya.
Agung juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia tidak mudah percaya dengan berbagai informasi negatif yang beredar soal pelayanan rumah sakit kepada peserta JKN. Tidak sedikit pun ia merasa diperlakukan berbeda oleh petugas rumah sakit. Ia pun memberikan apresiasi karena pelayanan yang baik di puskesmas dan rumah sakit. Semua pelayanan yang diberikan tidak dibeda-bedakan dan tidak pernah dimintai biaya selama melakukan konsultasi maupun saat proses persalinan istrinya.
“Bagi saya pelayanan dengan menggunakan BPJS Kesehatan ini sudah begitu bagus, fasilitas serta pelayanan di sana pun ramah-ramah, kami dilayani dengan baik,” tambahnya.
Agung menambahkan Program JKN dinilainya bisa dijadikan pegangan utama ketika keluarga sakit dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi saat ini ada Aplikasi Mobile JKN dengan fitur layanan administrasi dan keperluan yang dibutuhkan tanpa harus berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan. Ia pun mengajak masyarakat agar mengunduh Aplikasi Mobile JKN melalui Playstore atau Appstore untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan administrasi tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan lagi.
“Bagi yang punya smartphone ayo download, Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu sekali karena banyak fitur menarik di dalamnya,” tandasnya.
Dari keuntungan menjadi peserta JKN ini, ia berharap bagi masyarakat luas, terutama masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan yang setara melalui Program JKN. Masyarakat tentunya harus dipermudah dalam mengakses pelayanan kesehatan.
“Semoga program dari BPJS Kesehatan ini selalu hadir bukan hanya untuk saya saja. Tetapi untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan,” ucap Agung.
Menurutnya Program JKN sudah berhasil menjadi jalan keluar bagi masyarakat yang kurang mampu, dengan berkaca dari pengalamannya sendiri. Ia berterima kasih kepada BPJS Kesehatan dan pemerintah atas program yang bermanfaat besar bagi masyarakat khusunya di Kabupaten Mamuju Tengah.
“Terima kasih untuk BPJS Kesehatan dan pemerintah yang sudah mengeluarkan program yang bermanfaat ini, sehingga kami masyarakat bisa merasakan manfaat yang besar dan pelayanan gratis,” tutup Agung. (PN/af)