Disdikbud Sulbar Persiapkan Siswa Hadapi UTBK Melalui Program Try Out Gratis

  • Bagikan

MAMUJU, RADAR SULBAR –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar bekerjasama Unggul Institut dan Ruang Guru menjalankan program Try Out Gratis di Sulbar.

Kepala Disdikbud Sulbar Mithhar mengatakan, program ini dalam rangka mempersiapkan menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Program ini sudah kita jalankan pada 26 Februari hingga 8 Maret. Try out ini merupakan ajang evaluasi bagi siswa yang telah mengikuti kelas bimbingan belajar luring yang telah dilaksanakan di 6 kabupaten,” kata Mithhar, Kamis 21 Maret 2024. 

Lanjut Mithhar, program tersebut  sebagai upaya pengawasan terhadap pelaksanaan program persiapan siswa kelas XII menghadapi ujian tulis berbasis computer (UTBK) yang sedang berlangsung di 9 SMA/SMK/SLB di Sulawesi Barat. 

“Try out gratis ini merupakan program yang bagus bagi siswa kelas XII di Sulawesi Barat agar saat mengikuti SNBT dan ikut ujian, mereka tidak mengalami kesulitan lagi karena sudah terlatih  menghadapi soal dan waktu pengerjaan UTBK nanti.” ungkapnya 

Fungsi pengawasan ini merupakan bentuk fungsi dan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengontrol pelaksanaan kerja sama dengan Insan Unggul Institut sebagai mitra pemerintah. 

Rencananya, Program pembinaan ini akan dilaksanakan hingga menjelang tes UTBK pada 30 April mendatang. 

Salah seorang peserta Try Out, Salwa, mengaku mendapatkan manfaat dari program tersebut. Apalagi program ini  tidak memungut biaya bagi peserta. (jaf)

  • Bagikan