Google Diprediksi Segera Hancur oleh Insinyurnya Sendiri, Ini Alasannya

  • Bagikan
Kehadiran AI ChatGPT bikin banyak perusahaan raksasa teknologi ketar-ketir. (GreekReporter)

RADARSULBAR.CO.ID – Kemunculan tiba-tiba ChatGPT OpenAI telah sepenuhnya mengubah cara kita mencari sesuatu di internet. Banyak individu dan organisasi memanfaatkan kekuatan ChatGPT untuk menyelesaikan banyak tugas saat ini.

Alih-alih menelusuri berbagai situs web hanya untuk mengumpulkan data, Anda dapat dengan mudah mendapatkan semua informasi di satu halaman saja. Sekali lagi, ini berkat kesederhanaan dan kecerdasan ChatGPT.

Cara mudah melakukan penelitian dengan bantuan AI atau Artificial Intelligence ini hadir sebagai berita menarik bagi semua orang, tetapi tidak untuk perusahaan seperti Google. ChatGPT adalah salah satu ancaman terbesar bagi dominasi mesin pencari Google.

Google kini bekerja tanpa lelah untuk menemukan solusi atas ancaman besar ini. Namun, semua upaya membuahkan hasil yang sedikit. Terutama setelah Microsoft banyak berinvestasi dalam teknologi OpenAI.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, chatbot OpenAI sangat cerdas. Itu dapat menjawab pertanyaan kompleks dalam waktu singkat seperti yang dilakukan manusia.

Karena itu, dunia internet melihat pencarian Google sangat berbeda akhir-akhir ini. Ada lebih banyak pencarian online daripada hanya membolak-balik berbagai halaman web. Ini jelas menunjukkan betapa majunya teknologi, sampai-sampai AI bisa melakukan pekerjaan manusia.

Google meluncurkan Bard sebagai pesaing ChatGPT. Namun, masih banyak yang meragukan kepemimpinan Google di bidang AI ini. Padahal perusahaan tersebut merupakan salah satu pelopor Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Ini sampai ke kantor pusat perusahaan yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) ini. Ada kekhawatiran yang berkembang secara internal tentang kemampuan Google untuk tetap kompetitif di bidang ini.

Insinyur grup bernama Luke Sernau telah membagikan beberapa keraguan ini dalam sebuah pesan. Pesan ini disebut beredar secara internal sejak April. Sernau prihatin dengan fokus Google untuk bersaing dengan OpenAI.

Menurutnya, persaingan ini memiliki konsekuensi negatif karena menyebabkan Google kehilangan pesaing berbahaya lainnya. Pesaing ini adalah komunitas open-source.

Komunitas open-source terdiri dari peneliti yang tidak bekerja dengan perusahaan teknologi mana pun. Mereka membuat penemuan dan kemajuan lebih cepat dalam AI daripada Google dan OpenAI. Sernau menyarankan agar Google lebih fokus berkolaborasi dengan komunitas open-source daripada bersaing dengan OpenAI.

“Kami telah melakukan banyak hal untuk melihat dari balik bahu kami di OpenAI. Siapa yang akan melewati tonggak sejarah berikutnya? Apa langkah selanjutnya? Tapi kebenaran yang tidak nyaman adalah, kami tidak diposisikan untuk memenangkan perlombaan senjata ini, begitu pula OpenAI. Sementara kami bertengkar, faksi ketiga diam-diam memakan makan siang kami,” jelas Sernau dilansir via TheStreet.

Sernau menambahkan, komunitas open-source menjalankan model dasar pada Pixel 6 dengan kecepatan tinggi. Mereka dapat menyempurnakan AI yang dipersonalisasi di laptop Anda di malam hari. Dan seluruh situs web yang penuh dengan model seni tanpa batasan apa pun begitu juga dengan teks.

Sernau percaya bahwa saingan terbesar Google bukanlah OpenAI, melainkan komunitas open-source. Komunitas ini mengembangkan model dan alat AI yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih mudah diadaptasi. Mereka dapat dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan klien daripada yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi seperti Google.

“Sementara model kami masih memiliki sedikit keunggulan dalam hal kualitas, kesenjangan tersebut menutup dengan sangat cepat. Model open-source lebih cepat, lebih dapat disesuaikan, lebih pribadi, dan pound-for-pound lebih mampu,” lanjut Sernau.

Selain itu, dia memperingatkan Google terhadap kesalahan yang dapat mereka lakukan hari ini. Mengatakan bahwa perusahaan dapat memiliki konsekuensi komersial yang besar di masa depan.

Sebagai kesimpulan, Sernau menekankan bahwa fokus Google untuk bersaing dengan OpenAI bisa salah arah. Dalam jangka panjang, hal itu dapat menyebabkan kejatuhan perusahaan.

Komunitas open-source sedang mengembangkan model AI yang lebih cepat dan mudah beradaptasi. Ini saja membuat mereka menjadi ancaman nyata. Google dan OpenAI sama-sama memiliki kebijakan tertutup. Ini dapat membatasi kemampuan mereka untuk berkolaborasi dengan peneliti dan pengembang luar.

“Internet modern berjalan pada sumber terbuka karena suatu alasan. Open source memiliki beberapa keunggulan signifikan yang tidak dapat kami tiru,” simpulnya. (jpg)

  • Bagikan