PT Mamuang dan LTT Ajak Siswa Binaan Pamerkan Budaya Lokal

  • Bagikan

JAKARTA, RADAR SULBAR – Raut bahagia terpancar dari wajah Muhammad Afil. Ia adalah siswa kelas VII SMP PT Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Putra keturunan Suku Kaili Tado ini terpilih mengikuti Festival Pendidikan Astra 2023 yang berlangsung di Sasono Langen Budoyo dan Sasono Langen Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Acara dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional itu dilaksanakan Minggu, 28 Mei lalu.

“Terimakasih kepada PT. Astra Agro Lestari yang telah banyak dan kontinyu dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan pendidikan Kabupaten Pasangkayu,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasangkayu, Dr. H. Abidin, S.Pd.,M.Pd.

Ia berharap program-program corporate social responsibility (CSR) Pendidikan Astra terus ada ke depannya dan berlanjut.

Pelibatan Afil memang merupakan bagian dari wujud kepedulian Astra Agro terhadap dunia pendidikan. Sesuai motto Sejahtera Bersama Bangsa, Astra Agro ingin kehadirannya memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Selain menggelar program-program pendidikan, kegiatan berupa Festival Pendidikan Astra, dimanfaatkan guna memberi kesempatan pada siswa untuk tampil sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya dan kearifan lokal.

Selain Afil, Fatimah, siswi kelas VII SMPN Satap 6 Rio Pakava, Putri keturunan Suku Kaili Uma juga diikutsertakan pada kegiatan yang sama. Fatimah datang ke Jakarta didampingi ibundanya bersama guru dari PT Lestari Tani Teladan (LTT).

Perusahaan perkebunan kelapa sawit Grup Astra Agro Lestari memang beroperasi di dekat tempat tinggal mereka, di Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

“Pakaian adat ini asli Kaili Tado,” ujar Afil yang merupakan putra asli suku Kaili Tado.

“Kaili itu banyak, ada Kaili Tado, Kaili Uma, Kaili Ledo, Kaili Da’a, Kaili Rai, dan lain-lain,” lanjut salah satu siswa penerima beasiswa dari PT Mamuang ini ketika bercerita beberapa hal tentang kekayaan budaya suku Kaili.

Harapan yang sama juga disampaikan Koordinator Wilayah (Korwil) TK-SD-SMP Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, I Wayan Gunung, S.Pd.

“Kami pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala mendukung kegiatan oleh Astra yang melibatkan siswa, dan kami berterima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Astra,” ujarnya singkat.

Festival Pendidikan Astra 2023 sendiri merupakan kegiatan yang digelar Astra. Tema yang dipilih adalah “Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan dalam Keberagaman dan Kesetaraan”.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh PLT Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, S.E, M.M, dan keynote speech dari Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Dirjen Vokasi Kemendikbudristek), Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. (*)

  • Bagikan