Kantor Imigrasi Mamuju Studi Tiru ke Kanim Tanjung Perak dan TPI Surabaya

  • Bagikan

SURABAYA, RADARSULBAR.CO.ID –Dalam rangka Studi Tiru, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju melaksanakan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Selasa 30 Mei 2023.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Barat Andi Pallawarukka memimpin rombongan bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPi Mamuju Zulpikar Rasdin, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Soeryo Tarto dan Wahyu Wibowo, Kepala Seksi Dokintalkim Abd Rahman selaku Ketua Tim Pembangunan ZI WBK/WBBM Kanim Mamuju dan Indra Gunawan, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha selaku Sekretaris bersama 7 orang ASN Kantor Imigrasi Mamuju mewakili 6 pokja area perubahan Zona Integritas WBK/WBBM.

Diketahui Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya sebagai Unit Pelaksana Teknis berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam rangka Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rombongan diterima langsung Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Hendro Tri Prasetyo bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak, Bapak Verico Sandi.

Rombongan disambut yel yel ASN Kantor Imigrasi Tanjung Perak kemudian berkeliling melihat langsung fasilitas pelayanan keimigrasian dan ruangan layanan yang ada pada Kantor Imigrasi Tanjung Perak.

Ketua Pembangunan ZI Imigrasi Tanjung Perak, Fajar Harry Murcahyo menjelaskan alur pelayanan dan beberapa Inovasi Layanan Unggulan yang telah diterapkan.

Kakanim Tanjung Perak, Verico Sandi menjelaskan, terkait sistem manajemen berbasis risiko, proses kerja yang efisien, pengembangan kualitas pelayanan, dan tindakan pencegahan serta penindakan terhadap praktik korupsi.

Esoknya, kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surabaya disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Chicco Ahmad Muttaqin, sekaligus mengamati pelayanan serta sarana dan prasarana yang terdapat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya. Termasuk ruang pengaduan yang terbuka sehingga memudahkan masyarakat pemohon layanan yang mengalami kendala atau ingin menyampaikan keluhan dan aduan menjadi lebih mudah serta tersedianya ruangan khusus pelayanan WNI dan WNA bagi kelompok rentan dan disabilitas.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju, Andi Zulpikar Rasdin berharap dalam studi tiru ini mendapatkan masukan ide dan informasi pelayanan yang akan sangat membantu

“Khususnya terkait dengan rencana renovasi ruang pengaduan dan Ruang Layanan Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju,” tutur Zulpikar.(*)

  • Bagikan