Presiden Minta Puteri Indonesia Ikut Promosikan Destinasi Wisata

  • Bagikan

JAKARTA, RADARSULBAR.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari Wisandana beserta jajaran finalis ajang tersebut untuk ikut mempromosikan destinasi wisata, demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“Tentang pariwisata dan ekonomi kreatif, diminta bahwa Puteri Indonesia akan mempromosikan destinasi-destinasi di mana pun mereka berasal dan di mana pun mereka bertugas,” kata Sandiaga kepada awak media di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, seusai mendampingi Presiden Jokowi dalam pengarahan untuk pemenang dan finalis Puteri Indonesia 2023.

Menparekraf mencontohkan salah satu destinasi super prioritas yakni Labuanbajo di Nusa Tenggara Timur, yang dipromosikan saat menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN pada 10-11 Mei 2023.

Menurut Sandiaga, Presiden juga sempat menyampaikan beberapa destinasi super prioritas yang nantinya akan dititipkan untuk dipromosikan oleh jajaran Puteri Indonesia 2023 yakni Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Likupang (Sulawesi Utara), dan Borobudur (Jawa Tengah).

Selain itu, terdapat beberapa destinasi wisata lain yang akan dikembangkan seperti Bangka Belitung, Kepulauan Seribu, Wakatobi, dan Raja Ampat.

“Ini yang diharapkan dari generasi muda untuk terus membangun suatu kesadaran bahwa promosi destinasi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif mulai dari kuliner, fesyen, dan kriya, ini bisa kita tingkatkan,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan bahwa jajaran pemenang dan finalis Puteri Indonesia 2023 baru saja kembali dari Lampung untuk menyimak keindahan pariwisata dan produk-produk ekonomi kreatif setempat.

Oleh karena itu, Sandiaga meyakini pemenang dan finalis Puteri Indonesia 2023 bisa mengampu tugas promosi pariwisata yang dipercayakan.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasihat Yayasan Puteri Indonesia sekaligus Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kus Wisnu Wardani, menambahkan bahwa Presiden Jokowi sempat memperkenalkan lebih lanjut mengenai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada para pemenang dan finalis Puteri Indonesia 2023.

“Presiden memperlihatkan video sehingga anak-anak lebih tahu mengenai rencana IKN ke depan seperti apa,” ujar Putri.

Selain pemenang Puteri Indonesia 2023, turut hadir menerima pengarahan dari Presiden Jokowi adalah runner-up pertama sekaligus Puteri Pariwisata Indonesia 2023, Yasinta Aurellia, asal Lampung dan runner-up kedua atau Puteri Indonesia Lingkungan 2023, Lulu Zaharani Krisna, dari Lampung.

Hadir pula Miss Supranational 2022 Lalela Mswane asal Afrika Selatan dan Miss Charm 2023 Luma Russo asal Brasil.

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor : Ahmad Buchori

  • Bagikan