PSSI Resmi Jalani Proses Audit Forensik oleh Auditor Ernst & Young

  • Bagikan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin PSSI transparan dan akuntabel. --Foto: Angger Bondan/Jawa Pos--

JAKARTA, RADARSULBAR.CO.ID – Rencana Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk mengaudit keuangan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bukan isapan jempol belaka. Rencananya Rabu proses audit dimulai.

Sebagai langkah awal, Ernst & Young, auditor yang ditunjuk Erick untuk melakukan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI, mendatangi kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta. Mereka menggali informasi awal dari manajer keuangan PSSI.

’’Ini bukti saya serius ingin bersih-bersih. Baik PSSI maupun LIB. Pada tahap awal, kami ke PSSI dulu. Sebab, sebagai induk organisasi, bisa ditelusuri mulai dari aturan, kebijakan, hubungan antarlembaga, bentuk-bentuk kerja sama, hingga struktur keuangan,’’ ujar menteri BUMN tersebut.

’’Saya sudah perintahkan Sekjen agar bagian keuangan PSSI membuka semua data supaya transparan dan bisa diaudit secara maksimal,’’ imbuhnya.

Mantan presiden klub Inter Milan itu menilai, audit forensik keuangan PSSI sangat krusial. Lewat upaya tersebut, Erick berharap ada kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan.

’’Sepak bola ini milik rakyat. Kami yang ditugaskan untuk membersihkan mesti mengambil sikap untuk terbuka agar bisa dipertanggungjawabkan. Saya tidak ingin ada yang saling menyalahkan atau menjatuhkan,’’ tegasnya.

Upaya Erick dalam mengaudit keuangan PSSI dan PT LIB mendapat dukungan klub-klub Liga 1. Presiden Persita Tangerang Ahmed Rully Zulfikar mengatakan, upaya Erick tersebut merupakan langkah untuk memajukan sepak bola Indonesia yang bersih dan transparan.

’’Dengan adanya audit keuangan dan pengelolaan secara profesional, PSSI dan liga akan maju. Industri sepak bola bisa lebih maju dan berkembang. Sebelum klub menjadi industri, liganya harus lebih dulu menjadi industri,’’ ucap Rully.

Dukungan juga datang dari Persija Jakarta. Macan Kemayoran –julukan Persija– melalui Presiden Klub Mohamad Prapanca menyatakan, proses audit yang melibatkan firma audit dapat membuat organisasi berjalan lebih profesional. Kepercayaan masyarakat terhadap sepak bola Indonesia juga bisa meningkat.

’’Seluruh pelaku dan pencinta sepak bola nasional tentu menginginkan pengelolaan keuangan di tubuh PSSI semakin baik. Mewakili Persija, saya sangat berharap sepak bola Indonesia semakin profesional di berbagai aspek. Termasuk dalam manajemen finansial,’’ ucap Prapanca.

Harapan senada disampaikan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono. ’’Kami sangat mendukung langkah yang dilakukan Pak Erick. Dengan begitu, kami sebagai anggota PSSI dan pemegang saham PT LIB bisa membangun kepercayaan yang lebih baik,’’ ujar Teddy. (jpg)

  • Bagikan