Tips Mudik Lebaran Naik Motor Agar di Jalan Tetap Aman

  • Bagikan

RADARSULBAR.CO.ID – Diindonesia mudik merupakan tradisi menjelang hari raya idul Fitri 2023.

Momen tersebut dimanfaatkan seluruh masyarkaat untuk pulang ke kampung halamannya berjumpa keluarga.

Ketika mudik banyak orang menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa pulang kampung diantaranya seperti mobil, motor, kereta, dan transportasi lainnya.

Namun banyak para pemudik mengendarai sepeda motor untuk pulang kampung. Pasalnya naik motor dinilai beresiko dan sangat tidak direkomendasikan.

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno menilai sepeda motor bukan pilihan yang aman untuk digunakan mudik Lebaran karena kendaraan itu tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh

Perjalanan mudik memerlukan kondisi tubuh dengan stamina yang prima bagi pengendaran sehingga memerlukan konsentrasi saat mengemudi.

“Apalagi jika perilaku pengendara yang kurang tertib untuk mengikuti aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Mitigasi sangat diperlukan karena rentannya penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jauh,” kata Djoko.

Berikut ini adalah beberapa tips mudik naik motor agar diperjalanan tetap aman.

  1. Cek Kondisi Motor

Sebelum melakukan perjalanan, periksa kondisi sepeda motor . Anda bisa cek mesin, rem, roda, oli, dan lain-lain.

Maka dari itu kalian harus bawa motor ke bengkes untuk diservis sehingga kondisi motor prima dan dapat mengurasi risiko yang dapat mengancam keselamatan

  1. Jaga Kondisi Tubuh

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan prima. Sebab, mudik dengan mengendarai sepeda motor merupakan kegiatan yang sangat melelahkan dan menguras tenaga.

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar, pastikan untuk cukup tidur. Selain itu, jangan lupa untuk makan makanan bergizi.

  1. Siapkan Rute

Sebelum berangkat kalian harus mempersiapkan rute jalan untuk nantinya kalo lewati.

Pastikan kalian memiliki rute, tentukan juga tempat yang memungkinkan Anda untuk berhenti istirahat. Anda bisa mencari informasi tempat istirahat melalui internet agar bisa memperkirakan berapa jam perjalanan untuk sampai ke tempat istirahat.

  1. Jangan Bawa Barang Berlebihan

Hal yang harus diperhatikan ialah untuk membawa barang bawaan dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Usahakan penumpang motor makimal dua orang.agar lebih praktis , dianjurkan agar barang-barang bawaan disatukan ke dalam sebuah tas sehingga lebih mudah dibawa.

Jika memang ada banyak barang yang harus dibawa untuk oleh-oleh seluruh keluarga yang jumlahnya banyak, disarankan tidak dibawa serta dalam perjalanan ketika mudik.Anda bisa tetap memberikan oleh-oleh tersebut dengan mengirimkannya melalui jasa ekspedisi.

5 Kenakan Perlengkapann berkendara

Dengan mengenakan perlengkapan berkendara yang tepat, yakni degan memakai elm , sepatu, jaket, dan sarung tangan.

Selain perlengkapan berkendara tersebut akan membuat perjalanan terasa nyaman, menggunakan perlengkapan tersebut juga akan mengamankan pengendara dari cedera. (fin)

  • Bagikan