Selisih Harga Lumayan Jauh, Berikut Perbedaan Agya LCGC dengan Agya GR Sport

  • Bagikan
Agya GR Sport X Agya GR Sport. (Istimewa)

RADARSULBAR.CO.ID – Setelah world premiere All-New Agya dan All-New Agya GR Sport bulan lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan harga resmi keduanya pada pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023, di Jakarta Convention Center.

Agya dibanderol mulai dari Rp 167 hingga Rp 191 jutaan rupiah, sementara Agya GR Sport mulai dari Rp 240 hingga Rp 256 jutaan rupiah on the road (OTR) DKI Jakarta.

Diklaim memiliki value for money terbaik di segmennya, keduanya menjadi wujud dari komitmen Toyota untuk mewujudkan Mobility fo All dan semangat menghadirkan ever-better cars bermodalkan platform baru, harga bersaing, peningkatan performa dan efisiensi engine, handling dan comfort yang lebih baik, serta dilengkapi dengan teknologi terkini Toyota yang memberikan peace of mind kepada pelanggan.

“All-New Agya dan All-New Agya GR Sport memiliki perannya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di segmen yang cukup berbeda. Pengembangan Agya difokuskan untuk memperkuat basic value sebuah model di segmen entry,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy di arena GJAW 2023, Jakarta.

Sementara khusus Agya GR Sport, Anton menambahkan, pihaknya memberikan tambahan berupa special tuning yang diklaim membuatnya lebih fun to drive untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berjiwa sporty. “Kedua hatchback ini menjanjikan total package yang lebih baik dan menawarkan perfect value for money untuk sebuah exciting city car,” imbuh Anton.

Agya dan Agya GR Sport memanfaatkan platform baru yang memberikan ruang untuk penggunaan mesin baru. Keduanya mengadopsi new engine 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Improvement di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik, sekaligus tetap irit dengan konsumsi bensin rata-ratanya lebih dari 21 km/liter.

Performa hatchback ini diperkuat oleh transmisi CVT baru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear. Selain itu, transmisi CVT juga dibekali dengan teknologi Active D Control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mampu memberikan akselerasi secara instan.

Tersedia dalam tipe E dan tipe G, gaya desain eksterior Agya dikembangkan untuk menciptakan image yang sporty, powerful, dan agresif. Berkat desain baru, Agya memiliki performa aerodinamika yang lebih baik dengan coefficient of drag tiga persen lebih rendah, sehingga Agya disebut menjadi lebih stabil dan lincah.

Sisi depannya tampil agresif berkat desain bumper yang tajam dan volume yang padat serta lebar sehingga menciptakan postur tubuh yang kuat. Kesan agresif diperkuat oleh desain LED headlamp yang tajam dan vertical LED illumination lamp. All-front LED Lamp memperkuat kesan dinamis dan modern sekaligus canggih dengan adanya fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off.

Khusus tipe CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode untuk memaksimalkan distribusi tenaga sehingga lebih fun to drive. Electric Mirror juga menjadi fitur standar di tipe E dan G, di mana tipe G mendapatkan tambahan fitur Smart Entry System.

Fitur safety Agya juga dikatakan telah ditingkatkan dengan memperkuat beberapa elemen chassis dalam meredam efek tabrakan dari berbagai arah. Diameter tromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman, disinergikan dengan rem cakram di depan dan penggunaan fitur ABS+EBD.

Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.

Sementara pada Agya GR Sport dilengkapi dengan aero kit yang meningkatkan aerodinamika Sporty Hatchback ini. Penambahan down force membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah. Semakin stabil dan memikat dengan pemasangan GR-S 15-inch Machinery Alloy Wheel yang sporty.

Agya GR Sport juga didukung dengan tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid, yang diperkuat oleh penggunaan sport tires untuk steering yang lebih responsive handling yang lebih superior.

Di dalam kabin, tersemat beberapa sentuhan signature GR Sport, seperti dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob. (jpg)

  • Bagikan