Pengamat Politik Nilai Ganjar Pranowo-Erick Thohir Paling Laku di Pasar Pemilu 2024

  • Bagikan
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

JAKARTA, RADARSULBAR.CO.ID – Pengamat politik Ray Rangkuti menilai, dua kandidat yakni Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dan Erick Thohir calon wakil presiden berpotensi untuk menghimpun suara.

“Paling laku di pasar pemilu Ganjar-Erick, paling realistis dan logis. Klop kalau dipasangkan,” ujar Ray Rangkuti, Kamis (23/2).

Ray menilai, banyak faktor yang melatarbelakangi cocoknya duet Ganjar dan Erick Thohir.

Duet Ganjar-Erick disebut gabungan pemimpin dari dalam dan luar Pulau Jawa.

Kemudian, mereka juga menjadi representasi penerus pembangunan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, sosok yang nasionalis, agamis, serta memiliki kekuatan logistik.

Ray juga berpandangan, sisi elektabilitas Ganjar dan Erick sebagai kandidat pasangan capres dan cawapres akan saling melengkapi.

Ganjar Pranowo menghimpun suara di Pulau Jawa.

Sedangkan Erick Thohir bergerak menghimpun suara di luar Pulau Jawa.

Ray Rangkuti juga berpendapat, kedua sosok pemimpin tersebut merepresentasikan penerus pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Ganjar merupakan kader PDIP yang sama dengan Jokowi. Sedangkan Erick merupakan menteri andalan dan terbaik di kabinet pimpinan Jokowi.

Berikutnya, menurut dia, kepemimpinan Ganjar juga akan banyak menuai suara dari masyarakat nasionalis, sedangkan Erick yang merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU) bisa menghimpun suara di sektor warga NU atau Nahdliyin.

Ray juga mengatakan popularitas Erick berpotensi terus meningkat di kalangan Nahdliyin usai dia mampu menyukseskan rangkaian peringatan Hari Lahir Ke-100 NU.

“Ganjar moderat nasionalis, Erick Thohir masih terkandung agama religiusitas sebagai warga NU. Kemudian soal dana, tidak bisa dipungkiri, setidaknya Erick bisa membiayai diri sendiri dalam pemenangan jadi nanti tidak cerita utang,” ucap Ray. (fin)

  • Bagikan