Bawaslu Mamuju Ajak Pelajar Awasi Pemilu

  • Bagikan
Sejumlah siswa MAN 1 Mamuju mengikuti sosialisasi tentang Pemilu, di MAN 1 Mamuju, Rabu 22 Februari 2023.--Rezki Amaliah/Radar Sulbar--

MAMUJU, RADARSULBAR.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mamuju, mengajak para pelajar untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2024 melalui program Bawaslu Goes To School.

Komisioner Bawaslu Mamuju, Siti Mustikawati mengatakan, program tersebut merupakan upaya Bawaslu mendorong pemilih pemula untuk ikut andil melakukan pengawasan.

“Kami rencana menyasar semua sekolah di Mamuju, untuk mengidentifikasi pemilih pemula,” kata Siti, Rabu (22/2).

Menurut Siti, konstitusi menegaskan bahwa setiap warga negara mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama dalam menyukseskan Pemilu, termasuk para pelajar.
“Partisipasi masyarakat, salah satunya pelajar, dalam melakukan pengawasan akan melahirkan Pemilu yang berkualitas,” ungkapnya.

Selain itu, Siti menghimbau, agar para pelajar bisa memfilter informasi terkait Pemilu di media sosial, agar tidak mempercayai ataupun menyebarluaskan berita hoax dan ujaran kebencian yang marak terjadi jelang Pemilu.

“Kebijakan penggunaan media sosial juga sudah diatur oleh undang-undang, edukasi inilah yang juga kami sampaikan kepada para pelajar,” ujar Siti.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mamuju Baharuddin mengungkap, sebagai pemilih pemula, para pelajar penting untuk mendapatkan edukasi terkait Pemilu. Ia juga berharap, siswa-siswinya bisa menggunakan hak suara dengan baik dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Ini akan menjadi pengalaman pertama bagi pemilih pemula, selain memilih mereka juga mesti terlibat dalam hal pengawasan, agar tercipta kondisi yang aman saat tahapan Pemilu berlangsung,” tandas Baharuddin. (rzk/jsm)

  • Bagikan