Pemkab Mateng – Unifa Siap Kolaborasi Melalui Kerja Sama Program RPL

  • Bagikan
PERTEMUAN VIRTUAL. Pejabat Pemkab Mateng melakukan pertemuan virtual dengan pejabat Unifa, membahas kerjasama program RTL, Kamis 2 Februari 2023.--Dok. Unifa--

MAMUJU, RADAR SULBAR — Pemkab Mamuju Tengah (Mateng) menyambut baik program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang dilaksanakan Universitas Fajar (Unifa).

Bahkan, Pemkab Mateng berharap dalam waktu dekat dapat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Unifa untuk mengikuti program tersebut.

Itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mateng Askary Anwar pada pertemuan secara virtual, Kamis (2/2) membahas kerjasama program RPL dan beberapa program lainnya.

Askary Anwar sangat mengapresiasi program RPL Unifa bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam meningkatkan pelayanan masyarakat serta akselerasi pembangunan pada sektor yang ada.

“Kami tidak meragukan Unifa sebagai PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang memiliki kapasitas dan kualitas di Sulsel,” ungkapnya.

Askary juga menyampaikan, potensi kerjasama terbuka bagi daerahnya. Ia berharap Unifa dapat berkontribusi melalui pendidikan dalam memajukan kabupaten berjuluk ‘Bumi Lalla Tassisara’ ini yang juga penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur ini.

“Mateng bagian dari penyangga IKN. Sehingga dibutuhkan akselerasi keahlian dan profesionalitas,” ucap Askary menutup sambutannya

Pada pertemuan itu, Rektor Unifa Dr Muliyadi Hamid tak lupa memperkenalkan 10 program studi (prodi) yang mendapatkan sertifikat penyelenggara RPL. Yakni delapan prodi sarjana dan 2 prodi magister.

“Program bantuan pemerintah ini menyasar semua kalangan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan,” jelas Muliyadi.

Dengan sistem perkuliahan cukup fleksibel, hemat, singkat, dan memiliki legal standing dari pemerintah baik Kementerian Diktiristek dan lldikti.

“Kerjasama melalui program RPL adalah kuncinya,” tambah Deputi Rektor Unifa Ismail Marzuki

Sosialisasi yang dipandu langsung Hasta Yudha memberi kesempatan kedua pihak untuk diskusi dan tanya jawab, sebagai penguatan dalam melanjutkan penandatanganan kesepakatan nantinya.

Turut hadir dalam pertemuan ini yakni pejabat struktural kedeputian rektor, para dekan, LPPM-LP2MI, ketua prodi, serta dosen Universitas Fajar Makassar.

Sementara pihak Pemkab Mateng turut dihadiri Kabag BKPP Mateng Ishaq Yunus dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mateng lainnya. (rls/dir)

  • Bagikan