LG Perkenalkan Panel OLED Lipat Baru, Bisa Ditekuk ke Dua Arah

  • Bagikan
Ilustrasi: LG pamerkan layar OLED lipat yang bisa ditekuk ke dua arah. (Daum)

RADAR SULBAR – Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2023, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS) yang ditutup pada Minggu (8/1) waktu setempat diketahui menjadi tempat para pabrikan layar adu kuat teknologi dan inovasinya.

Salah satu yang paling mencolok di CES 2023 adalah LG Display dan Samsung Display yang sama-sama memamerkan layar lipatnya.

Dilansir dari Engadget, di stan LG di CES 2023, mereka memamerkan dua konsep OLED seluler baru. Yang dipamerkan adalah layar laptop atau tablet 17 inci dan perangkat mirip smartphone 8 inci yang dapat dilipat ke dua arah.

Menariknya, menurut Engadget, layar 17 inci lipat pertama ini adalah yang pertama dengan ukuran demikian. LG Display mengklaim ini hampir seluruhnya bebas kusut, hal yang kerap ditemui dalam proses pengembangan layar lipat.

Selain itu, LG mengatakan layarnya telah diuji hingga 50.000 kali lipat, jadi seharusnya cukup tahan lama. Konsep lainnya adalah sesuatu yang secara resmi LG Display sebut sebagai OLED Lipat 360 derajat, yakni layar 8 inci yang sangat mirip dengan Samsung Galaxy Fold, tetapi dapat dilipat ke dua arah.

Jadi, selain bisa dilipat tertutup, skenario penggunaan lainnya adalah pengguna juga bisa melipatnya ke luar. Dengan kata lain, layar lipat ini bisa jadi layar utama atau layar cover.

LG Display mengatakan kemampuan 360 derajat ini berpotensi memungkinkan perangkat akhirnya digunakan dalam berbagai mode berbeda. Tentu saja itu juga akan bergantung pada pembuat perangkat keras dan pengembang aplikasi untuk memutuskan bagaimana memanfaatkan fungsionalitas tersebut.

Pelipatan dua arah juga membutuhkan layar yang lebih tahan lama. Untungnya, LG memastikan kalau perangkat lipat 360 derajat sudah dilakukan dengan pengujian 200.000 lipatan dan lebih kuat dari perangkat lipat sebanding yang saat ini ada di pasaran.

Meski menawarkan segudang fitur dan peningkatan yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya, perlu dicatat ini masih merupakan konsep. Belum diketahui kapan LG akan merilis layar ini dan menarik untuk menantikan persaingan dengan Samsung dan pembuat layar lainnya. (jpg)

  • Bagikan