Sehari Pasca Dilantik, Silmy Karim Kunjungi Imigrasi Soekarno-Hatta

  • Bagikan

JAKARTA, RADARSULBAR- Sehari pasca dilantik sebagai Dirjen Imigrasi, Silmy Karim langsung berkunjung ke Imigrasi Soekarno-Hatta, Kamis 5 Januari 2022.

Tujuanndari kunjungan itu untuk mengecek filitas auto-gate dan jalur khusus Electronic Visa on Arrival (e-VOA) serta ITAS Online. Hal itu dilakukan sebagai komitmen menjadikan Imigrasi lebih baik

“Saya meminta agar dibuatkan petunjuk yang lebih ramah pengguna sehingga WNA subjek e-VOA dapat terinformasikan dengan baik. Yang terjadi selama ini, banyak WNA subjek e-VOA masih mengantre pembayaran di konter bank (alih-alih mengajukan secara online),” ujar Silmy.

Meski perkembangan Imigrasi dari segi kesisteman cukup menggembirakan, Ia mengimbau agar jajarannya senantiasa memperkuat pelayanan. Tak hanya pada musim puncak lalu lintas seperti masa arus balik liburan Natal dan Tahun Baru saat ini, layanan keimigrasian harus dipastikan selalu prima walau sedang low season.

“Auto-gate jangan sampai ada kendala, meskipun saat sedang tidak ada penumpang,” tegasnya.

Sejalan dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Imigrasi tengah
mengupayakan pengembangan pelayanan pada bandara yang dibuka untuk penerbangan langsung internasional. Sebagai wajah dari Negara Indonesia, Imigrasi harus terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada WNI dan WNA.

“Salah satu yang harus diupayakan adalah transformasi kapabilitas Direktorat Jenderal Imigrasi melalui peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi,” tuturnya.

Silmy menambahkan, pengembangan sistem dan alur pelayanan dan pengawasan keimigrasian
yang didukung integrasi data dan arsitektur teknologi yang mumpuni merupakan hal yang krusial.
Dengan demikian, Imigrasi dapat benar-benar memfasilitasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui investasi dan talenta global. Ini merupakan salah satu fungsi keimigrasian yang menjadi atensi khusus Direktorat Jenderal Imigrasi.(jaf)

  • Bagikan

Exit mobile version