Penonton Kecewa Konser Tiba- Tiba Dibatalkan?

  • Bagikan

Oleh Martina Damayanti (Universitas Muhammadiyah Malang)

MENGINGAT saat ini masih ada kasus Covid-19, sehingga dalam mengadakan sebuah acara dengan skala besar diperlukan perizinan.

“Pemerintah kini dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan mematuhi pedoman penyelenggaraan yang telah ditetapkan.” Ucap Johnny lewat siaran pers.

Salah satu event besar yaitu acara konser musik, yaitu penampilan yang mana perorangan atau banyak musisi memainkan musik bersama untuk para pendengar atau disebut dengan penonton. Konser juga mendatangkan satu atau lebih penyanyi terkenal.

Konser biasanya dapat diadakan di aula konser yang khusus dibangun untuk hal tersebut, atau konser juga dapat diadakan di berbagai gedung besar lain seperti ruang sekolah, gudang, gedung besar, maupun klub malam. Konser dengan audiens yang besar juga bisa dilakukan di lapangan atau stadion. Dalam konser dengan udara terbuka biasanya disediakan layar yang lebar serta diperkuat dengan pengeras suara agar seluruh audiens dapat mendengarnya dan melihat penampilan dari layar tersebut.

Biasanya orang pergi ke konser harus membeli tiket terlebih dahulu. Hasil penjualan tiket biasanya digunakan untuk membayar artis, penyelenggara pertunjukan dan produser. Promosi yang dilakukan untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai konser yang akan diselenggarakan biasanya melalui media online maupun offline, adapun media online yaitu TikTok, Instagram, Facebook dll. Sedangkan secara offline yaitu dengan mengadakan demo promosi di tempat ramai seperti CFD (Car Free Day).

Antusiasme masyarakat terhadap event konser musik ini sangat besar. Mengapa demikian? karena setelah kurang lebih dari dua tahun akhirnya bisa kembali menikmati moment yang mana melihat dan mendengarkan lagu dari penyanyi favorite. Hal itu juga dapat kita lihat pada media sosial yang mana banyak mentions mengenai konser yang diselenggarakan.

Proses pembelian tiket biasanya dilakukan 2 sampai 4 bulan sebelum tanggal pelaksanaan, hal ini bertujuan untuk memperbanyak target penjualan tiket. Tiket untuk konser dapat dibeli melalui secara online melalui website maupun dibeli melalui offline pada stand loket konser.

Banyak konser yang sukses dilakukan dengan meriah seperti FisteriaFest, GKM, Sodfestival. Event acara musik ini berhasil membuat konser yang memukau dengan mendatangkan penyanyi top di kalangan anak muda saat ini. Namun tidak semua acara musik yang direncanakan berjalan dengan baik, adakalanya event tersebut terpaksa batal. Konser yang tiba-tiba dibatalkan biasanya diberitahukan melalui akun official penyelenggara acara saat H-1 Minggu ada juga yang H-3 hari hingga pada hari H itu sendiri.

Hal tersebut memberi kekecewaan bagi penonton. Pada dasarnya penonton konser tidak hanya berasal dari daerah tempat konser itu diadakan saja, namun penonton konser juga sering kali berasal dari kota yang berbeda. Pembatalan yang dilakukan pada 1 hari sebelum konser atau bahkan pada hari terlaksananya konser itu, memberikan dampak negatif bagi banyak orang, seperti penyanyi yang sudah tiba di kota tempat akan manggung terpaksa harus menelan kekecewaan karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan akan batalnya konser itu dan membuat mereka menjadi sia-sia datang, lalu kekecewaan bagi penonton yang membuat mereka rela jauh-jauh datang untuk menikmati konser, terpaksa harus pulang kembali ke kota asal karena batalnya konser tersebut.

Penyebab dari pembatalan konser mendadak, beberapa diantaranya yaitu tidak mendapat surat izin dari kepolisian, terdapat beberapa hal yang belum terselesaikan seperti persoalan pembayaran. Berikut ini beberapa konser yang tiba-tiba dibatalkan, dan apakah alasannya? yuk simak lebih lanjut.

  1. Festival Pasar Musik: Konser yang diadakan di Malang, dengan mendatangkan penyanyi Rizky Febian, Yura Yunita, Okay, Vierratale dan masih banyak lagi. Terpaksa harus dibatalkan karena untuk kenyamanan bersama akibat dari adanya peristiwa Kanjuruhan Malang.
  2. Ayifes : Konser yang akan dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 15 Oktober 2022 juga dibatalkan akibat ada permasalahan dengan surat ijin dari kepolisian. Pemberitahuan pembatalan dilakukan oleh pihak panitia pada hari terlaksananya konser tersebut, sehingga menyebabkan banyak kekecewaan penonton dan meminta agar dalam proses refund tiket diberikan secara full tanpa potongan biaya admin. Guest star dalam acara tersebut yaitu TBA, Yura Yunita dan Guyon Waton juga merasa kecewa karena mereka juga sudah tiba di Surabaya, dalam hal ini beberapa guest star juga ikut mengungkapkan kekecewaan di kolom Instagram official ayifest.
  3. Fosfen Bandung: Konser musik yang juga batal akibat suatu hal yang tidak disebutkan. Pembatalan ini di informasikan melalui akun Instagramnya dengan sebuah postingan yang berisikan caption; “Dengan Hormat, kami selaku penyelengara event FOSFEN MUSIC FESTIVAL, dengan ini menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas tidak terselengaranya event ini pada waktu yang ditentukan, yang disebabkan oleh satu dan lain hal. Oleh karena itu, kami dari pihak penyelengara meminta maaf yang sebesar besarnya terhadap para artis, vendor, kolaborator, kru, pekerja, volunteer, media partner, tenant, sponsor, instansi dan seluruh pihak terkait. Kami akan melakukan refund atau pengembalian tiket secara bertahap melalui link refund yang telah kami cantumkan dalam bio instagram official kami @fosfen.festival. Pengembalian/refund tiket akan dilakukan secara bertahap dan dilaksanakan dalam jangka waktu 90 hari kerja sejak pengajuan refund. Dengan segala kerendahan hati kami mohon untuk rekan2 berkenan menunggu proses refund berjalan.”
  4. SINERGI Festival : Konser yang mendatangkan penyanyi Mahalini, Rizky Febian, Momo dibatalkan secara mendadak pada H-30 menit dimana pembatalan tersebut diberitahukan secara langsung di atas panggung oleh panitia. Yang mana Rizky Febian dengan Mahalini tidak jadi tampil, sedangkan Momo tetap tampil. Rizky Febian melakukan klarifikasi melalui live dalam akun instagram miliknya, yang mengatakan bahwa “pembatalan tersebut diakibatkan karena ada suatu hal yang belum di bereskan oleh panitia perihal pembayaran” ucapnya.
  5. Hayu Festival : Konser day 2 pada tanggal 4 Desember 2022 di Sukabumi dibatalkan, pembatalan ini dilakukan setelah penonton datang dan menunggu selama 5 jam bahkan sang penyanyi Tiara Andini dan yang lainnya sudah datang di lokasi. Pada saat itu panitia tidak ada di tempat untuk memberikan alasan dan klarifikasi mengenai hal tersebut. Kemudian pihak panitia memberikan penjelasan melalui postingan akun Instagram, ” Pembatalan acara ini dikarenakan adanya kesalahan teknis/ trouble internal kami yang bisa dijelaskan secara detail di sini. Dan tidak melibatkan pihak Armed maupun Kepolisian. Namun kami didampingi”. Penonton sangat kecewa dan marah akibat mendadaknya konser yang tiba-tiba dibatalkan. Kekecewaan itu di ungkapkannya dalam kolom komentar Instagram.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perlu adanya tanggung jawab yang harus dimiliki setiap orang. Terkadang perbuatan kita tanpa disadari dapat merugikan banyak orang. Namun tenang saja ya karena setiap acara konser musik yang batal akan ada tanggung jawab dengan proses pengembalian uang dalam jangka waktu tertentu.(*)

  • Bagikan