148 Atlet Karate Perebutkan 32 Medali di Kategori Kumite

  • Bagikan
Bertanding. Dua atlet katate sedang beradu di Aula Korem 142/Tatag, Mamuju. -- Foto: Adhe Junaedi Sholat/Radar Sulbar--

MAMUJU, RADAR SULBAR – Sebanyak 148 atlet di enam kabupaten bakal adu tanding untuk memperebutkan 32 medali pada Cabor Karate kategori Kumite pada Porprov IV Sulbar 2022.

Kumite atau sparing itu akan berlangsung di Aula Korem 142/Tatag Mamuju, Senin 19 Desember 2022.

Teknical Delegate Cabor Karate, Pirmansyah Puang Kuma mengatakan, kategori kumite itu akan mempertandingkan 8 kelas putra-putri.

Kelas kumite perorangan putra untuk atlet di bawah atau minus 55 kilogram (kg), 60 kg, 67 kg, dan 75 kg. Sementara kumite perorangan putri di bawah 50 kg, 55 kg, 61 kg, dan 68 kg.

“Ada empat juara (setiap kelas). Jadi total medali yang akan diperebutkan sekitar 32,” ujar Pirmansyah.

Dalam pertandingan itu, para atlet akan bertanding dalam 2 bagian yang diberi nama pool A dan pool B.

Sehingga, sambung Pirmansyah, tidak menutup kemungkinan para atlet dari kontingen yang sama akan saling bertarung jika berhasil mengalahkan lawannya.

“Setiap kontingen mengutus dua atlet di setiap kelasnya. Lalu setiap atlet akan bertanding di masing-masing pool,” sebutnya.

Setiap laga akan dipimpin oleh seorang wasit dan empat juri yang berada di setiap sudut lapangan.

Mereka yang akan menilai apakah pukulan atau tendatangan yang diluncurkan karateka kepada lawannya mendapat nilai sambon atau 3 poin, wazari 2 poin, dan ippon 1 poin.

“Atlet dengan perolehan poin tertinggi itu yang akan menjadi pemenang dalam setiap pertandingan,” tandas Pirmansyah. (ajs)

  • Bagikan